Persepsi Masyarakat Banten tentang Paham Pluralisme Agama untuk Kerukunan Umat Beragama (Studi Kasus di Kota Serang)

Hasanah, Iswatun (2024) Persepsi Masyarakat Banten tentang Paham Pluralisme Agama untuk Kerukunan Umat Beragama (Studi Kasus di Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_SII_202660005_Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Teks
T_SII_202660005_Lampiran Depan.pdf

Download (767kB)
[img] Teks
T_SII_202660005_BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Teks
T_SII_202660005_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (281kB)
[img] Teks
T_SII_202660005_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (243kB)
[img] Teks
T_SII_202660005_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (483kB)
[img] Teks
T_SII_202660005_BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Teks
T_SII_202660005_Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)

Abstrak

Penelitian ini mengkaji persepsi masyarakat Banten di Kota Serang tentang paham pluralisme agama dan implikasinya untuk kerukunan umat beragama. Bagaimana pengaruh persepsi masyarakat tentang paham pluralisme agama menjadi bahan pertimbangan untuk menjadi landasan tercapainya kerukunan umat beragama. Dalam rangka mengkaji persepsi masyarakat yang dimaksud, penting memahami definisi dan faktor yang mempengaruhi persepsi akan paham pluralisme agama. Menjawab rumusan masalah tersebut, pendekatan dan metode yang digunakan oleh peneliti adalah sosial dan sejarah. Jenis penelitiannya adalah deskrikriptif-anaslisis dengan pendekatan fenomenologis, menggunakan teori the social contcuction of reality, a treatise in the sociology of knowlodge. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah elit dan tokoh agama-agama, akademisi serta masyarakat kota Serang, Pemilihan informan kunci tersebut ditetapkan dengan teknik snowball sampling dengan konsep maximum variation sampling to document unique variation. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara mendalam (in-depth interview) dan studi pustaka. Sebagai hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa hal sebagai berikut: Pertama, persepsi masyarakat Banten tentang paham pluralisme agama di kota Serang dapat disimpulkan lebih condong kepada pendapat Nurkholish Madjid dengan berbagai indikasi yakni pertama, menyebut pluralisme agama adalah adanya tiga sikap dialog. Kedua, Dalam pandangan masyarakat Kota Serang, ajaran Nabi Muhammad SAW membawa pesan kemanusiaan universal sekaligus memiliki potensi kuat membangun kalimatun sawa (prinsip yang sama) dengan agama lainnya. Kedua, faktor yang mempengaruhi persepsi pemikiran masyarakat Kota Serang yakni pertama, dengan adanya peran para tokoh agama dan masyarakat yang membuka wawasan kepada masyarakat sekitarnya. Kedua, tingkat pendidikan yang berkualitas dengan pemikiran terbuka, ketiga, lingkungan yang terbuka. Ketiga, implementasi persepsi terbagi dua bagian: pertama, kaum mayoritas menyatakan dan mengemukakan sikap pro-aktif atau setuju dengan paham pluralisme agama yang memiliki tujuan sebagai pemersatu bangsa dan upaya menuju kerukunan antar agama. Kedua, kaum minoritas masyarakat kota Serang yang menyatakan ketidaksetujuannya tentang paham pluralisme agama.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Persepsi, Pluralisme Agama, Kerukunan Umat Beragama
Subjek: 200 Agama > 201 Agama mitologi & teologi sosial
Divisi: Magister > Studi Islam Interdisipliner
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 19 Jan 2024 09:07
Perubahan Terakhir: 07 Mar 2024 08:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14061

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.