Nurhadi, Nurhadi (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Krakatau Steel Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210180_Cover.pdf Download (106kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210180_Lampiran Depan.pdf Download (881kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210180_BAB I.pdf Download (506kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210180_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (530kB) |
||
Teks
S_PAI_171210180_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (254kB) |
||
Teks
S_PAI_171210180_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (369kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210180_BAB V.pdf Download (150kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210180_Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik di SMA Negeri 2 Krakatau Steel Cilego. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat menambah kekayaan wawasan ilmu pengetahuan dalam bidang moderasi beragama terutama dalam hal penananam nilai-nilai moderasi beragamanya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah guna mencapai tujuan yang diinginkan dan dapat dijadikan sebagai acuan dan bahan pertimbangan untuk penelitian yang sejenisnya yang akan datang. Memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan pada khususnya, maupun masyarakat pada umumnya mengenai strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan ialah analisis isi (content analysis) yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa kondisi sikap moderasi beragama di SMA Negeri 2 Krakatau Steel Cilegon terbilang sudah sangat baik, hal ini ditunjukkan dengan adanya sikap saling menghargai antara siswa yang berbeda keyakinan, menghormati perbedaan keyakinan, saling menjalin kerjasama dalam bidang sosial seperti bakti sosial dan kegiatan-kegiatan sekolah. Kesimpulanya adalah Strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama terhadap siswa di SMA Negeri 2 Krakatau Steel Cilegon melalui dua cara, pertama melalui proses pembelajaran di dalam kelas dengan cara memanfaatkan sumber belajar, menerapkan metode yang sesuai, menciptakan komunikasi guru dan siswa yang baik serta penerapan evaluasi yang berkelanjutan, kedua melalui kegiatan atau program sekolah di luar kelas seperti upacara bendera setiap hari senin, mengadakan bakti sosial, mengadakan kerjasama dengan polsek dan polres kota cilegon guna memberikan pencegahan perilaku kriminalitas dan kekerasan. Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama adanya dukungan dari berbagai pihak seperti kepala sekolah dan para guru yang lain, sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu kurangnya dana dalam melakukan program-program sekolah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Moderasi Beragama |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 19 Jan 2024 07:35 |
Perubahan Terakhir: | 19 Jan 2024 07:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14057 |
Actions (login required)
Lihat Item |