Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V (Studi di MI Muta'allimin Cigudang Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang)

Awalunisa, Nuraeni (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V (Studi di MI Muta'allimin Cigudang Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240006_Cover.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240006_Lampiran Depan.pdf

Download (513kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240006_BAB I.pdf

Download (178kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240006_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (230kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240006_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (305kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240006_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (354kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240006_BAB V.pdf

Download (149kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240006_Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS, mengetahui faktor pengambat dan pendukung kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS kelas V di MI Muta’allimin Cigudang. Latar belakang penelitian ini adalah siswa belum terbiasa menyampaikan pendapatnya hal ini menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa 55% siswa memiliki kategori keterampilan menganalisis, 50% siswa memiliki keterampilan mensintesis, 60% siswa memiliki keterampilan mengenal dan memecahkan masalah dan 40% siswa memiliki keterampilan menyimpulkan. Hal ini dapat dinyatakan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS dikategorikan rendah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS, Siswa Kelas V
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 18 Jan 2024 08:41
Perubahan Terakhir: 18 Jan 2024 08:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14055

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.