Perlindungan dalam Surat Al-Mu’awwidżatain dan Manfaatnya Bagi Ketenteraman Jiwa Manusia (Studi Atas Kitab Tafsir ‘Alā Ṭarīq At-Tafsīr Al-Bayānī Karya Fāḍil Ṣāliḥ Al-Sāmarā’ī)

Aulia, Emah Mukarrohmah (2024) Perlindungan dalam Surat Al-Mu’awwidżatain dan Manfaatnya Bagi Ketenteraman Jiwa Manusia (Studi Atas Kitab Tafsir ‘Alā Ṭarīq At-Tafsīr Al-Bayānī Karya Fāḍil Ṣāliḥ Al-Sāmarā’ī). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320074_Cover.pdf

Download (80kB)
[img] Teks
S_IAT_191320074_Lampiran Depan.pdf

Download (951kB)
[img] Teks
S_IAT_191320074_Bab I.pdf

Download (392kB)
[img] Teks
S_IAT_191320074_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (480kB)
[img] Teks
S_IAT_191320074_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (422kB)
[img] Teks
S_IAT_191320074_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (732kB)
[img] Teks
S_IAT_191320074_Bab V.pdf

Download (123kB)
[img] Teks
S_IAT_191320074_Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB)

Abstrak

Dalam penelitian ini penulis membahas surat al-Mu‟awwidżatain, yaitu dua surat yang terdiri dari surat al-Falaq dan surat an-Nās, surat yang menjelaskan tentang permohonan perlindungan dari seluruh kejahatan yang tampak dan tersembunyi. Al- Sāmarā’ī membagai dua kejahatan dalam tafsirnya, yaitu kejahatan eksternal dan kejahatan internal. Pada surat al-Falaq terdapat kejahatan eksternal seperti sihir dan hasad dan pada surat an-Nās terdapat kejahatan internal yaitu waswas. Berdasarkan dari latar belakang di atas, maka penulis merumuskan tiga fokus penelitian yaitu; Bagaimana penafsiran surat al-Mu‟awwidżatain menurut Fāḍil Ṣāliḥ al-Sāmarā’ī dalam tafsir ‘Alā Ṭarīq at-Tafsīr al-Bayānī ? Apa bentuk perlindungan Allah dalam surat al-Mu‟awwidżatain dalam tafsir „Alā Ṭarīq at-Tafsīr al-Bayānī karya Fāḍil Ṣāliḥ al-Sāmarā’ī ? dan Bagaimana hubungan manfaat surat al-Mu‟awwidżatain dengan ketenteraman jiwa ? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode library research, yaitu mencari dan mengumpulkan bermacam literatur yang digunakan dalam hasil penelitian dari berbagai buku, tafsir, jurnal, skripsi, dll. Kemudian data dianalisis dengan pendekatan kualitatif, yang bersumber dari data primer (kitab Tafsir ‘Alā Ṭarīq At-Tafsīr Al-Bayānī) dan data sekunder yang berkaitan dengan pembahasan penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa surat al-Mu‟awwidżatain adalah sebagai surat untuk meminta perlindungan dari kejahatan, dan meminta pelindungan adalah keharusan bagi setiap hamba Allah khususnya bagi orang yang beriman, karena hanya kepada Allah manusia menyembah dan juga meminta bantuan serta pertolongan. Kemudian, permohonan perlindungan adalah perintah Allah sebagai bentuk penjagaan kepada hambanya, atas segala kemudharatan yang akan terjadi. Selanjutnya, perlindungan dalam surat al-Mu‟awwidżatain memiliki manfaat, yaitu orang yang membaca sekaligus mengamalkan yang terkandung dalam surat al-Mu‟awwidżatain niscaya akan merasakan ketenteraman jiwa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Perlindungan, Teologi Al-Sāmarā’ī, Tafsir ‘Alā Ṭarīq At-Tafsīr Al-Bayān
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 18 Jan 2024 06:30
Perubahan Terakhir: 18 Jan 2024 06:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14051

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.