Yakin, Rizky Ainul (2024) Implementasi Nilai-Nilai Revolusi Mental dalam Pembelajaran PAI (Studi Kasus Kelas 7 SMP PGRI 1 Pulomerak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210143_Cover.pdf Download (5MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210143_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (17MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210143_BAB I.pdf Download (308kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210143_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (612kB) |
||
Teks
S_PAI_191210143_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (118kB) |
||
Teks
S_PAI_191210143_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (555kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210143_BAB V.pdf Download (94kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210143_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai revolusi mental dalam pembelajaran PAI di kelas 7 SMP PGRI 1 Pulomerak. Revolusi mental adalah suatu gerakan dimana seluruh masyarakat baik dari kalangan pemerintah maupun rakyat dengan cara yang cepat mengangkat kembali nilai-nilai strategis yang dibutuhkan oleh bangsa dan negara untuk menciptakan ketertiban, kesejahteraan di dalam bermasyarakat guna beradaptasi dan bersaing di era globalisasi seperti saat ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah suatu langkah prosedur untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain. Hasil penelitian ini yaitu strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan nilai-nilai revolusi mental di SMP PGRI I dimulai dari awal masuk ke sekolah kemudian anak-anak memberi salam kepada guru dengan menyebutkan cita-cita masing-masing, dengan itu anak-anak kemudian tertanam sejak awal cita-citanya untuk masa depannya, dan untuk di dalam kelas yaitu memberi keteladan dari guru kepada peserta didik. Untuk nilai revolusi mental itu sendiri yaitu nilai spiritual, nilai motivasi, dan nilai ketegasan. Sedangkan untuk faktor pendukung nilai-nilai revolusi mental yaitu para guru yang semangat dalam mengimplementasikannya, dan faktor penghambatnya yaitu kesadaran yang kurang dari peserta didik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Revolusi Mental, Strategi Guru, Nilai-Nilai Revolusi Mental |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 16 Jan 2024 08:30 |
Perubahan Terakhir: | 24 Jan 2024 01:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14045 |
Actions (login required)
Lihat Item |