Implementasi Nilai-Nilai Revolusi Mental dalam Pembelajaran PAI (Studi Kasus Kelas 7 SMP PGRI 1 Pulomerak)

Yakin, Rizky Ainul (2024) Implementasi Nilai-Nilai Revolusi Mental dalam Pembelajaran PAI (Studi Kasus Kelas 7 SMP PGRI 1 Pulomerak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210143_Cover.pdf

Download (5MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210143_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (17MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210143_BAB I.pdf

Download (308kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_191210143_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (612kB)
[img] Teks
S_PAI_191210143_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (118kB)
[img] Teks
S_PAI_191210143_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (555kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210143_BAB V.pdf

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210143_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai revolusi mental dalam pembelajaran PAI di kelas 7 SMP PGRI 1 Pulomerak. Revolusi mental adalah suatu gerakan dimana seluruh masyarakat baik dari kalangan pemerintah maupun rakyat dengan cara yang cepat mengangkat kembali nilai-nilai strategis yang dibutuhkan oleh bangsa dan negara untuk menciptakan ketertiban, kesejahteraan di dalam bermasyarakat guna beradaptasi dan bersaing di era globalisasi seperti saat ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah suatu langkah prosedur untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain. Hasil penelitian ini yaitu strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan nilai-nilai revolusi mental di SMP PGRI I dimulai dari awal masuk ke sekolah kemudian anak-anak memberi salam kepada guru dengan menyebutkan cita-cita masing-masing, dengan itu anak-anak kemudian tertanam sejak awal cita-citanya untuk masa depannya, dan untuk di dalam kelas yaitu memberi keteladan dari guru kepada peserta didik. Untuk nilai revolusi mental itu sendiri yaitu nilai spiritual, nilai motivasi, dan nilai ketegasan. Sedangkan untuk faktor pendukung nilai-nilai revolusi mental yaitu para guru yang semangat dalam mengimplementasikannya, dan faktor penghambatnya yaitu kesadaran yang kurang dari peserta didik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Revolusi Mental, Strategi Guru, Nilai-Nilai Revolusi Mental
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Jan 2024 08:30
Perubahan Terakhir: 24 Jan 2024 01:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14045

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.