Praktik Pembagian Waris dengan sistem Prioritas Anak Sulung dalam Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Kiara Kec. Walantaka Kota Serang)

Juanah, Juanah (2024) Praktik Pembagian Waris dengan sistem Prioritas Anak Sulung dalam Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Kiara Kec. Walantaka Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110112_Cover.pdf

Download (63kB)
[img] Teks
S_HKI_191110112_Lampiran Depan.pdf

Download (727kB)
[img] Teks
S_HKI_191110112_Bab I.pdf

Download (333kB)
[img] Teks
S_HKI_191110112_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (125kB)
[img] Teks
S_HKI_191110112_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (391kB)
[img] Teks
S_HKI_191110112_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (364kB)
[img] Teks
S_HKI_191110112_Bab V.pdf

Download (195kB)
[img] Teks
S_HKI_191110112_Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB)

Abstrak

Hukum kewarisan dalam Islam diatur dengan terperinci dan penuh dengan keadilan. Namun berbeda dengan masyarakat Kelurahan Kiara, Kec. Walantaka Kota Serang, mempunyai cara tersendiri dalam pembagian harta warisannya. Yaitu pembagian warisan dengan sistem prioritas anak sulung, tanpa membedakan baik laki-laki maupun perempuan, yang terpenting ada rasa nyaman dan menimbulkan rasa keadilan. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Praktik Pembagian Waris dengan Sistem Prioritas Anak Sulung di Kelurahan Kiara Kec. Walantaka Kota Serang? 2. Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembagian Waris dengan Sistem Prioritas Anak Sulung di Kelurahan Kiara Kecamatan Walantaka Kota Serang? Tinjauan Penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui Praktik Pembagian Waris dengan Sistem Prioritas Anak Sulung di Kelurahan Kiara Kec. Walantaka Kota Serang 2. Untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembagian Waris dengan Sistem Prioritas Anak Sulung di Kelurahan Kiara Kec. Walantaka Kota Serang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan empiris yaitu untuk menggambarkan yang dilihat dari lapangan secara apa adanya, jenis penelitian dengan menggunakan studi lapangan (field research) atau kualitatif, yaitu penelitian dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Seluruh data yang ada di analisis secara deduktif. Kesimpulan dari skripsi ini adalah 1. praktik pembagian waris dengan sistem prioritas anak sulung di Kelurahan Kiara menggunakan hukum adat atau hukum kekeluargaan, yang biasanya anak pertama lebih besar mendapatkan warisan karena anak pertama yang membantu perekonomian keluarganya, dan biasanya warisan rumah itu milik siapa yang terakhir tinggal bareng dengan orang tuannya, dan itu rata-rata anak bungsu. 2. Praktik pembagian waris di Masyarakat Kelurahan Kiara tidak sesuai dengan syariat Islam karena masyarakat Kelurahan Kiara membagikan harta warisnya dengan sistem prioritas anak sulung, sedangkan pembagian waris dalam Islam telah ditentukan pembagiannya yaitu, anak laki-laki mendapatkan 2 bagian sedangkan anak perempuan mendapatkan 1 bagian, namun hukum Islam memperbolehkan pembagian waris secara damai atau musyawarah sebagaimana dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI) pasal 183 “para ahli waris dapat bersepakat, melakukan perdamaian dalam pembagian harta waris setelah masing-masing menyadari bagiannya”.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Pembagian Waris, Prioritas Anak Sulung
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.4 Hukum Waris / Faraid > 2x4.43 Pembagian waris
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Jan 2024 07:38
Perubahan Terakhir: 16 Jan 2024 07:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14039

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.