Pandangan Hukum Islam Terhadap Biaya Penalty pada Pengambilan Deposito Mudharabah Sebelum Jatuh Tempo Menurut Konsep Syariah

Mulyani, Rani (2024) Pandangan Hukum Islam Terhadap Biaya Penalty pada Pengambilan Deposito Mudharabah Sebelum Jatuh Tempo Menurut Konsep Syariah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130148_COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Teks
S_HES_191130148_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (454kB)
[img] Teks
S_HES_191130148_BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Teks
S_HES_191130148_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (437kB)
[img] Teks
S_HES_191130148_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (285kB)
[img] Teks
S_HES_191130148_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (445kB)
[img] Teks
S_HES_191130148_BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Teks
S_HES_191130148_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)

Abstrak

Deposito mudharabah merupakan dan investasi yang ditempatkan oleh nasabah yang bertentangan dengan prinsip syariah dan penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu, sesuai dengan kesepakatan akad perjanjian yang dilakukan antara bank dan nasabah investor. seorang nasabah yang ingin melakukan kegiatan deposito mudharabah di lembaga keuangan syariah harus melakukan perjanjian terlebih dahulu atau sebuah kesepakatan tentang jangka waktu yang akan digunakan penginvestasian. Dalam akad perjanjian apabila terjadi penarikan dananya oleh nasabah sebelum jatuh tempo, maka pihak lembaga kuangan syariah akan mengenai potongan atau penaalty terhadap nasabah tersebut. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1). Bagaimana biaya penalty pada pengambilan deposito mudharabah sebelum jatuh tempo menurut konsep syariah dan 2). Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap biaya penalty pada pengambilan deposito mudharabah sebelum jatu tempo menurut konsep syariah. Tujuan penelitian ini adalah 1).untuk mengetahui bagaimana biaya penalty pada pengambilan deposito mudharabah sebelum jatuh tempo menurut konsep syariah. dan 2).untuk mengehatui pandangan hukum Islam terhadap biaya penalty deposito mudharabah sebelum jatuh tempo menurut konsep syariah. . Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat pustaka (Library research) dengan menggunakan pendekatan induktif, dengan analisis data yaitu data primer yang diperoleh dari beberapa buku yang relevan, data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal dan reverensi yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan cara pemeriksaan dan menarik kesimpulan (fiding). Hasil dari penelitian, menyimpulkan bahwa pada pelaksanaan pencairan deposito mudharbah sebelum jatuh tempo di lembaga keuangan syariah, maka nasabah akan dikenai penalty dari jumlah nominal yang didepositokan. Besar kecilnya penalty sesuai dengan kesepakatan antara shahibul al-mal dan mudharib. Dan penalty dalam akad perjanjian deposito mudharabah antara shahibul al-mal dan mudharib adalah boleh menurut hukum Islam tetapi didalam akad dilakukan atas dasar kerelaan dan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Akad Mudharabah, Deposito, dan Penalty Menurut Konsep Syariah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 15 Jan 2024 03:26
Perubahan Terakhir: 15 Jan 2024 03:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.