Etika Penggunaan Qur'an Digital (Perspektif Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur'an Karya Imam Zakaria Yahya bin Syarif Ad-Din An-Nawawi)

Anugrah, Aan (2023) Etika Penggunaan Qur'an Digital (Perspektif Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur'an Karya Imam Zakaria Yahya bin Syarif Ad-Din An-Nawawi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320008_Cover.pdf

Download (220kB)
[img] Teks
S_IAT_191320008_Lampiran Depan.pdf

Download (794kB)
[img] Teks
S_IAT_191320008_BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Teks
S_IAT_191320008_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (650kB)
[img] Teks
S_IAT_191320008_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (472kB)
[img] Teks
S_IAT_191320008_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (802kB)
[img] Teks
S_IAT_191320008_BAB V.pdf

Download (177kB)
[img] Teks
S_IAT_191320008_Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB)

Abstrak

Teknologi yang sudah tidak bisa di tolak lagi atas penggunannya, karena 99% semuanya menggunakan teknologi karena mengikuti zaman yang semakin modern dan mengikuti zaman yang serba canggih. Namun, dibalik kecanggihan teknologi yang di pakai manusia terutama umat muslim pasti adanya sebuah nilai positif dan negative-Nya. Adapun nilai positifnya semua kerjaan dan kegiatan menjadi praktis dan mudah untuk di jangkau adapun nilai negatifnya banyak orang yang malas melakukan kegiatan secara langsung terutama dengan adanya Qur’an Digital banyak orang yang jarang memegang mushaf secara langsung. Di dalam skripsi ini penulis meringkas rumusan permaslahan. Pertama : Bagaimana penggunaan Al-Qur’an Digital dalam fenomena sosial? Kedua : Bagaimana landasan teori adab penggunaan Al-Qur’an dalam kitab At-Tibya n F A da bi Hamalah Al-Qur’a n adalah karya Imam akaria a ya bin Syarif Ad-D n An-Nawaw ? Ketiga : Bagaimana adab penggunaan Al-Qur’an Digital dalam perspektif kitab At-Tibya n F A da bi Hamalah Al-Qur’a n adalah karya Imam akaria a ya bin Syarif Ad-D n An-Nawaw ?. Maka tujuan penulisan ini yakni untuk mengetahui bagaimana penggunaan Al-Qur’an digital dalam penomena sosial, dan mengetahui bagaimana landasan teori pengunaan Qur’an digital serta mengetahui bagaiman adab tentang penggunaan Qur’an digital Metode yang dilakukan penulis merupakan penelitian kualitatif yaitu sebuah penelitaian yang bersifat deskriptif yakni menggunakan studi pustaka (library research) yaitu penelitian yang menitikberatkan terhadap pembahasan yang bersifata kepustakaan, seperti, buku, jurnal, majalah, kamus, dokumen dan lain sebagainya. penelitian kepustakaan adalah sebuah penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang terdapat diperpustakaan. Benar memang untuk “adab membaca Al-Qur’an digital” memanglah tidak di terangkan secara terperinci di dalam Al-Qur’an atau pun Al-Hadits, mengingat hal ini adalah hal baru dan belum ada pada jaman Rasulullah. Karenanya untuk hal seperti demikian ini (Qiyas) kita pergunakan ijma’ atau kesepakatan para ulama : a) Boleh dan Sah hukumnya membaca Al-Qur’an mushaf digital (membaca Al-Qur’an dari handphoe, i-pad, i-Pod or PC). b). Baik membaca Al-Qur’an Mushaf digital, apabila etikanya atau adab membaca al-Qur’an digital disamakan ketika kita membaca kitab suci Al-Qur’an (seperti yang sudah diterangkan diatas tentang “adab membaca Al-Qur’an”) 1) Baca Al-Qur’an dalam keadaan bersih (bersih diri [tidak dalam keadaan haid untuk wanita] dan [tidak dalam keadaan mabuk contoh untuk pria]). 2) Baca Al-Qur’an dalam keadaan bersih (bersih tempatnya, jauh dari perkara najis). 3) Baca Al-Qur’an dalam keadaan diri berbusana baik dan bersih

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Fenomena Sosial, Qur’an Digital, At Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 28 Des 2023 08:10
Perubahan Terakhir: 28 Des 2023 08:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.