Febriani, Ina Salmah and Rustiawan, Hafid and Lisalam, Repa Hudan and Safira, Syifa (2023) Pemanfaatan Literasi Digital Berbasis Canva untuk Pembelajaran PAI bagi Tenaga Pendidik MTsN 1 Kab. Pandeglang. Laporan Teknikal. Buat Buku Internasional, Cirebon.
|
Teks
Pemanfaatan Literasi Digital Berbasis Canva untuk Pembelajaran PAI bagi Tenaga Pendidik MTsN 1 Kab. Pandeglang.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Literasi digital dewasa ini menjadi penting dikuasai khususnya bagi guru. Penguasaaan literasi digital setidaknya memiliki tiga aspek; knowledge (pengetahuan), skill (kemampuan) dan attitude (perilaku positif dalam memanfaatkan teknologi) (Anders Skov, 2022). Puncak dari tiga aspek ini adalah terampilnya guru dalam mengimplementasikan pembelajaran, misalnya pembelajaran berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Sinergi antara penggunaan teknologi, metode pedagogis, dan konten pengetahuan merupakan inti dari kerangka kerja TPACK (Spector et al., 2014). Namun, implementasi TPACK dalam Pendidikan Agama Islam belum optimal dilakukan. (Eliyanto et al., 2021). Hal ini pula yang terjadi di MTSN 1 Kabupaten Pandeglang. Oleh karena itu, tim pengabdian dosen PAI memandang perlu untuk mendampingi para guru melalui pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) dengan memfokuskan para guru sebagai partisipan aktif yang dapat dilatih untuk memiliki ilmu, skill yang memadai dengan memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar di sekolah. Dari 10 peserta pelatihan pemanfaatan literasi digital berbasis Canva dan maktabah syamilah, ditemukan sebanyak 3 guru tergolong memiliki literasi digital yang memadai. Sementara 4 orang tergolong cukup memadai. Serta 3 partisipan lain belum memadai.
Tipe Item/Data: | Monografi (Laporan Teknikal) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.A Dr. Ina Salmah Febriani |
Tanggal Disetorkan: | 28 Des 2023 07:23 |
Perubahan Terakhir: | 28 Des 2023 07:23 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13992 |
Actions (login required)
Lihat Item |