Penyakit ‘Ain dalam Perspektif Al-Qur'an (Studi Kitab Tafsir Mafatih Al-Ghaib Karya Fakhruddin Ar-Razi)

Magfiroh, Siti (2023) Penyakit ‘Ain dalam Perspektif Al-Qur'an (Studi Kitab Tafsir Mafatih Al-Ghaib Karya Fakhruddin Ar-Razi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320006_Cover.pdf

Download (322kB)
[img] Teks
S_IAT_191320006_Lampiran Depan.pdf

Download (971kB)
[img] Teks
S_IAT_191320006_BAB I.pdf

Download (609kB)
[img] Teks
S_IAT_191320006_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (514kB)
[img] Teks
S_IAT_191320006_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (597kB)
[img] Teks
S_IAT_191320006_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (749kB)
[img] Teks
S_IAT_191320006_BAB V.pdf

Download (358kB)
[img] Teks
S_IAT_191320006_Daftar Pustaka.pdf

Download (347kB)

Abstrak

Pokok dari permasalahan ini adalah 'Ain yang merupakan salah satu penyakit yang sulit untuk dipercayai dan dibuktikan secara ilmiah. Untuk mengetahui hal tersebut penulis mengungkapkan dari berbagai penelitian-penelitian disertai dengan pembuktian dalam Al-Qur'an surat Al-Qalam ayat 51, Al-A‟raf ayat 116, Al-Hijr 15, Yusuf ayat 5 dan Al-Falaq ayat 5, dengan menggunakan kitab tafsir M ̅f ̅tiḥ Al-Ghaib Didalam skripsi ini mengnggunakan kitab Mafatih Al-Ghaib karya Fakhruddin Ar-Razzi. Skripsi ini mengangkat tiga permasalahan yaitu: Pertama Bagaimana pandangan Al-Qur‟an terhadap penyakit ‘Ain. Kedua, Mengapa terjadi perbedaan pendapat ulama tentang pengobatan ruqiyah terhadap penyakit ‘Ain. Ketiga, Bagaimana penafsiran kitab tafsi r Mafa ti ḥ Al-Ghaib terhadap penyakit ‘Ain. Maka tujuan masalah dari skripsi ini mengetahui hakikat dan pengaruhnya penyakit ‘Ain dalam Al-Qur'an. Penyakit ini sulit dibuktikan dikalangan orang awam untuk memperkuat dan membuktikannya digunakanlah penelitian kualitatif terjun ke masyarakat langsung. Metode penelitian kolaborasi kualitatif deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), yang menggunakan beberapa pendekatan dan menggunakan penelitian kuantitatif dengan terjun kelapangan langsung. Adapun sumber data ada data primer dan data sumber sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah kitab suci Al-Qur'an dan tafsirnya yang dikhususkan kepada kitab M ̅f ̅tiḥ Al-Ghaib karya Fakhruddin ar-R ̅z , ̅ sedangkan data sumber sekunder nya adalah buku-buku keislaman mengenai penyakit ‘ Ain dan ruqyah. Hasil dari penelitian ini bahwa penyakit 'Ain memang benar adanya, dan itu dikatakan langsung oleh nabi Muhammad SAW bahkan yang hampir terkena 'Ain beliau sendiri ketika nabi Muhammad SAW hendak menyampaikan Islam kepada penduduk kota Mekkah pada masa awal dakwahnya. Dalam ayat yang penulis teliti membuktikan, adanya penyakit 'Ain dan bisa kita ambil hikmahnya dengan berhati-hati dan selalu ingat kepada Allah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): 'Ain, Surat-surat yang membahas ‘Ain dan Mafatiḥ Al-Ghaib, Fakhruddin ar-Razi
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.4 Kumpulan ayat-ayat dan surat-surat tertentu > 2x1.44 ayat-ayat mengenai syari’ah termasuk ayat-ayat hokum
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 28 Des 2023 07:35
Perubahan Terakhir: 28 Des 2023 07:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13991

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.