PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA LULUSAN MADRASAH IBTIDAIYAH DENGAN SISWA LULUSAN SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(Studi di SMP Negeri 1 Kresek Kabupaten Tangerang)

SUMYANI, SUMYANI (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA LULUSAN MADRASAH IBTIDAIYAH DENGAN SISWA LULUSAN SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(Studi di SMP Negeri 1 Kresek Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN SKRIPSI PENUH)
Sumyani (122111294).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan pembelajaran yang penting di sekolah jenjang pertama sebagai suatu pengenalan didalam pendidikan agama Islam terutama di Madrasah Ibtidaiyah dan di Sekolah Dasar. Pada Madrasah Ibtidaiyah bahan kajian yang merupakan ciri khas yaitu mata pelajaran Agama Islam, terdiri dari Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, Sejarah kebudayaan Islam, serta Bahasa Arab. Dengan adanya sub-sub mata pelajaran tersebut maka madrasah ibtidaiyah memiliki alokasi waktu belajar Pendidikan Agama Islam sebanyak 6 jam pertemuan dalam satu minggu. Sedangkan pada Sekolah Dasar (SD) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak diperinci sebagaimana pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan alokasi waktunya hanya 3 jam pertemuan dalam satu minggu. Dari latar belakang di atas masalah dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana hasil belajar siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah? 2) Bagaimana hasil belajar siswa lulusan Sekolah Dasar? 3) Bagaimana perbandingan hasil belajar siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan siswa lulusan Sekolah Dasar di SMP Negeri 1 Kresek Kabupaten Tangerang? Tujuan dari penulisan skripsi ini antara lain: Mengatahui hasil belajar siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah, mengetahui hasil belajar siswa lulusan Sekolah Dasar dan mengetahui perbandingan hasil belajar siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dengan siswa lulusan Sekolah Dasar di SMP Negeri 1 Kresek Kabupaten Tangerang Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan pendekatan komparatif (membandingkan) yaitu metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada untuk menemukan persamaan dan perbedaan tentang benda, orang, ide, prosedur kerja, kritik terhadap orang atau kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dari populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kresek Kabupaten Tangerang sebanyak 346 siswa di ambil sampel sebanyak 10-15% yaitu 44 siswa yang terdiri dari 22 siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan 22 siswa lulusan Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dengan siswa lulusan Sekolah Dasar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dibuktikan dari perolehan hasil perhitungan uji “t” hipotesis nihil diterima dan Hipotesis alternatif ditolak. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan penulis berharap hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dan referensi bagi semua pihak yang tertarik dalam melakukan penelitian

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): HASIL BELAJAR
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 06 Sep 2017 00:12
Perubahan Terakhir: 06 Sep 2017 00:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1398

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.