PERLINDUNGAN KONSUMEN JUAL BELI ONLINE MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF

AGISNI, LESI (2017) PERLINDUNGAN KONSUMEN JUAL BELI ONLINE MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF. Diploma atau S1 thesis, UIN "SULTAN MAULANA HASANUDDIN" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (162kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
3. ABSTAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (8kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
12. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (367kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
13. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (354kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
14. BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (397kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
16. BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (142kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (134kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Masalah yang diungkap pada penelitian ini adalah mengenai perlindungan terhadap kosumen yang bertransaki di dalam pasar jual beli online. Karena perkembangan zaman telah menciptakan market place di dalam dunia Internet atau sistem perdagangan tersebut dikenal dengan e-commerce. Kondisi tersebut di satu sisi sangat menguntungkan konsumen, karena mempunyai banyak pilihan untuk mendapatkan barang dan jasa, serta kemudahan dalam mengakses dan bertransaksi dapat dilakukan hanya di dalam rumah. Dan setiap jual beli terdapat 3 unsur yaitu penjual, barang, dan pembeli. Setiap unsur memiliki perlindungannya masingmasing. Konsumen sebagai objek kekayaan terkadang menjadi pihak yang dirugikan terhadap suatu produk yang ditawarkan para penjual online. Karena mereka memiliki aturan yang harus dipatuhi semua konsumen sedangkan konsumen belum tentu mendapatkan haknya. Dan juga sistem perdagangan seperti ini sangat beresiko terjadinya pelanggaran hak-hak konsumen dikarenakan ketidakmampuan konsumen untuk menyeleksi barang dan/atau jasa yang beredar dalam market place. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana hak dan kewajiban konsumen menurut hukum Islam ?. 2) Bagaimana hak dan kewajiban konsumen menurut hukum Positif ?. 3) Bagaimana perbandingan perlindungan konsumen jual beli online menurut hukum Islam dan hukum Positif ?. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengenai hak dan kewajiban konsumen menurut hukum Islam. 2) Mengenai hak dan kewajiban konsumen menurut hukum Positif . 3) Bagaimana perbandingan perlindungan konsumen jual beli online menurut hukum Islam dan hukum Positif. Data dalam penelitian ini dihimpun dengan cara melakukan telah dan kajian teks (text reading), yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif deskriptif analisis yaitu dengan cara penuis yang menggambarkan permasalahan yang didasarkan pada data-data yang ada lalu dianalisa lebih lanjut untuk kemudian diambil kesimpulan dengan menggunakan pola pikir deduktif, yaitu dengan cara menggunakan tinjauan hukum Islam dan undang-undang yang mengatur tentang perlindungan konsumen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hak-hak konsumen dalam hukum Islam maupun hukum positif mempunyai hak-hak dasar yang dilindungi. Konsep perlindungan hak-hak konsumen dalam hukum Islam berdasarkan asas keseimbangan dan keadilan juga prinsip muamalah, yaitu hak kehalalan produk, kejelasaan informasi, tanpa paksaan, dan hak khiyar. Pada dasarnya hak-hak konsumen dalam hukum positif memiliki tujuan yang sama dengan hukum Islam, yaitu menciptakan keseimbangan dan keadilan di antara pelaku usaha dan konsumen serta untuk memberikan perlindungan terhadap hak-hak konsumen.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PERLINDUNGAN KONSUMEN; JUAL BELI; HUKUM ISLAM
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 06 Sep 2017 00:12
Perubahan Terakhir: 06 Sep 2017 00:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1394

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.