Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri 1 Jawilan

Nuha, Zakiatun (2023) Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri 1 Jawilan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_MPI_191250040_Cover.pdf

Download (169kB)
[img] Teks
S_MPI_191250040_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_MPI_191250040_BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Teks
S_MPI_191250040_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (524kB)
[img] Teks
S_MPI_191250040_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (173kB)
[img] Teks
S_MPI_191250040_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (333kB)
[img] Teks
S_MPI_191250040_BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Teks
S_MPI_191250040_Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran mengenai pentingnya sistem informasi untuk manajemen sekolah. Oleh karena itu, SMAN 1 Jawilan telah menerapkan sistem informasi manajemen (SIM) untuk mengelola operasional sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana penerapan Sistem Informasi Manajemen di SMA Negeri 1 Jawilan? (2) Bagaimana Proses Pembelajaran di SMA Negeri 1 Jawilan? (6) Bagaimana penerapan sistem informasi manajaemen dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Jawilan? (7) Faktor-faktor apa yang menghambat dan mendukung tentang penerapan sistem informasi manajemen dalam kelancaran proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Jawilan?. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Jawilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan penelitian ialah Kepala Sekolah, Wakasek Bidang Kesiswaan, Guru Mapel yang bersangkutan, dan siswi SMA Negeri 1 Jawilan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Penerapan sistem informasi manajemen di SMA Negeri 1 Jawilan menggunakan SIM. SIM adalah suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Untuk melaksanakan sistem informasi manajemen di SMA Negeri 1 Jawilan mempunyai tiga bagian untuk mengolah data yaitu bagian pengumpulan data, bagian pengolahan data, dan bagian penyimpanan data. Proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Jawilan telah menggunakan sistem kurikulum merdeka. metode yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu ceramah, berdiskusi, presentasi, berkelompok, praktikum lab, bersimulasi, dan sebagainya. SMA Negeri 1 Jawilan memanfaatkan teknologi infromasi untuk mencari bahan ajar dan memperlancar proses pembelajaran. Penerapan sistem informasi manajemen dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Jawilan menggunakan aplikasi pengolahan informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam berbagai bidang, disebut dengan istilah MIS (Management Information System) atau SIM (Sistem Informasi Manajemen). Faktor-faktor yang menghambat dan mendukung sistem informasi manajemen di SMAN 1 Jawilan ada dua. Yaitu kurang maksimalnya jaringan internet karena terlalu banyak siswa, namun perangkat keras yang dimiliki sekolah seperti komputer dan fasilitas lain sudah layak dan memadai.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Implementasi, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Proses Pembelajaran
Subjek: 600 Teknologi > 650 Manajemen & public relations
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Des 2023 04:31
Perubahan Terakhir: 07 Des 2023 04:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13922

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.