Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Meretan dan Tenong di Banten (Studi di Kec. Sumur Kab. Pandeglang dan Kec. Pontang Kab. Serang)

Masitoh, Itoh (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Meretan dan Tenong di Banten (Studi di Kec. Sumur Kab. Pandeglang dan Kec. Pontang Kab. Serang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_212621017_COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Teks
T_PAI_212621017_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (919kB)
[img] Teks
T_PAI_212621017_BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Teks
T_PAI_212621017_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (542kB)
[img] Teks
T_PAI_212621017_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (304kB)
[img] Teks
T_PAI_212621017_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (668kB)
[img] Teks
T_PAI_212621017_BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Teks
T_PAI_212621017_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstrak

Banyaknya tradisi yang telah berakulturasi dengan budaya dan ajaran dari luar dan mengarahkan pada pemikiran. Apakah tradisi saat ini yang dilakukan masih sesuai dan benar mengandung nilai keislaman. Banyak masyarakat madani sekarang yang hanya melestarikan tanpa mengerti makna dan nilai dalam suatu tradisi. Seperti tradisi yang menarik ada di Banten adalah tradisi Meretan dan Tenong. Pada dasarnya tradisi ini sudah mulai terkikis sesuai dengan adanya perkembangan zaman. Apalagi di daerah yang perkotaan, sudah jarang dilakukan. Berbeda dengan perkampungan masih memakai tradisi Meretan dan Tenong ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mendeskripsikan bentuk dan makna tradisi Meretan dan Tenong di Banten serta sumber nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Meretan dan Tenong di Banten. Pada riset tesis ini digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatannya studi fenomenologi. Lokasi penelitian di Banten yaitu 2 lokasi, lokasi pertama di Kampung Ciparahu, Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang, sedangkan lokasi kedua di Desa Pontang Kec. Pontang Kab. Serang. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Keabsahan data melalui metode Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) bentuk bawaan tradisi Meretan menggunakan rantang atau baskom, yang didalamnya diisi dengan makanan pokok (beras putih) dan ditambahkan bahan pokok lainnya yaitu gula, kopi, penyedap rasa, mie bihun, dan mie sohun, Meretan tersebut dicatat di buku (buku sambung). Sedangkan bentuk bawaan tradisi Tenong menggunakan tempat tenong, rantang atau baskom, yang didalamnya diisi dengan beras putih, terkait Tenong tidak diwajibkan dicatat. 2) Makna tradisi Meretan dan tradisi Tenong memiliki makna yang sama yaitu sebagai resiprositas, nilai kerukunan, wujud solidaritas, dan beban masyarakat. 3) Sumber nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Meretan dan Tenong berpedoman pada Al-Qur‟an dan hadits, kedua tradisi ini memiliki nilai-nilai yang sama, yaitu mengandung nilai tolong menolong (ta'awun), persaudaraan (ukhuwah islamiah), silaturahmi, religius, kesetaraan, dan sejarah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Nilai, Pendidikan Islam, Tradis, Meretan, Tenong
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 06 Des 2023 07:12
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 09:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13903

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.