Analisis Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Serang

Herlina, Lina (2023) Analisis Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210113_Cover.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_PAI_191210113_Lampiran Depan.pdf

Download (667kB)
[img] Teks
S_PAI_191210113_BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Teks
S_PAI_191210113_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (347kB)
[img] Teks
S_PAI_191210113_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (268kB)
[img] Teks
S_PAI_191210113_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (261kB)
[img] Teks
S_PAI_191210113_BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_PAI_191210113_Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi program P5 yang terintegrasi dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Serang; 2) Untuk mengetahui metode yang ditempuh untuk penguatan karakter sesuai dengan P5 yang terintegrasi dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Serang; 3) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dalam pelaksanaan P5 yang terintegrasi dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Serang; 4) Untuk mengetahui guru mengatasi hambatan dalam pelaksanaan P5 yang terintegrasi dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Serang. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK 3 Serang ini dibagi menjadi 3 tema. Tema pertama, suara demokrasi siswa belajar tentang musyawarah, karena musyawarah ini ini juga termasuk kedalam pembelajaran PAI; Tema kedua, tema Bhineka Tunggal Ika jika dikaitkan dengan Pembelajaran PAI, siswa belajar untuk saling menghargai sesama maupun yang berbeda suku, ras, dan agama; Tema ketiga, tema Kebekerjaan di pembelajaran PAI juga mengajarkan siswa untuk etos kerja yang baik dan benar itu seperti apa; 2) Metode yang ditempuh dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila metode yang digunakan yaitu pembelajaran kooperatif. Dimana metode ini menekankan pada interaksi sosial sebagai mekanisme sebagai pendukung perkembangan karakter anak; 3) Faktor Pendukung Pelaksanaan P5: Guru diberi peran yang luas untuk menyampaikan pelajaran. Faktor Penghambat Pelaksanaan P5: Belum ada pelatihan yang intensif mengenai kurikulum SMK PK; 4) Solusi : membuat program pelatihan-pelatihan khusus bagi guru-guru yang akan mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 06 Des 2023 04:58
Perubahan Terakhir: 06 Des 2023 04:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13897

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.