Herlina, Lina (2023) Analisis Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210113_Cover.pdf Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210113_Lampiran Depan.pdf Download (667kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210113_BAB I.pdf Download (253kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210113_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (347kB) |
||
Teks
S_PAI_191210113_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (268kB) |
||
Teks
S_PAI_191210113_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (261kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210113_BAB V.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210113_Daftar Pustaka.pdf Download (234kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi program P5 yang terintegrasi dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Serang; 2) Untuk mengetahui metode yang ditempuh untuk penguatan karakter sesuai dengan P5 yang terintegrasi dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Serang; 3) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dalam pelaksanaan P5 yang terintegrasi dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Serang; 4) Untuk mengetahui guru mengatasi hambatan dalam pelaksanaan P5 yang terintegrasi dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Serang. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK 3 Serang ini dibagi menjadi 3 tema. Tema pertama, suara demokrasi siswa belajar tentang musyawarah, karena musyawarah ini ini juga termasuk kedalam pembelajaran PAI; Tema kedua, tema Bhineka Tunggal Ika jika dikaitkan dengan Pembelajaran PAI, siswa belajar untuk saling menghargai sesama maupun yang berbeda suku, ras, dan agama; Tema ketiga, tema Kebekerjaan di pembelajaran PAI juga mengajarkan siswa untuk etos kerja yang baik dan benar itu seperti apa; 2) Metode yang ditempuh dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila metode yang digunakan yaitu pembelajaran kooperatif. Dimana metode ini menekankan pada interaksi sosial sebagai mekanisme sebagai pendukung perkembangan karakter anak; 3) Faktor Pendukung Pelaksanaan P5: Guru diberi peran yang luas untuk menyampaikan pelajaran. Faktor Penghambat Pelaksanaan P5: Belum ada pelatihan yang intensif mengenai kurikulum SMK PK; 4) Solusi : membuat program pelatihan-pelatihan khusus bagi guru-guru yang akan mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 06 Des 2023 04:58 |
Perubahan Terakhir: | 06 Des 2023 04:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13897 |
Actions (login required)
Lihat Item |