Sejarah Islam di Asia Tenggara Dalam Perspektif Ajid Thohir

Muiz, Habibi (2023) Sejarah Islam di Asia Tenggara Dalam Perspektif Ajid Thohir. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_SPI_133500346_Cover.pdf

Download (111kB)
[img] Teks
S_SPI_133500346_Lampiran Depan.pdf

Download (440kB)
[img] Teks
S_SPI_133500346_BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Teks
S_SPI_133500346_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (335kB)
[img] Teks
S_SPI_133500346_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (425kB)
[img] Teks
S_SPI_133500346_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (474kB)
[img] Teks
S_SPI_133500346_BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Teks
S_SPI_133500346_Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB)

Abstrak

Islam sampai ke Asia Tenggara melalu jalur dakwah dan perdagangan, tanpa adanya jalur kekerasan atau ekspansi penaklukan terutama di Indonesia atau Nusantara. Setelah Islam tersebar, datanglah Portugis dan Spanyol, disusul Belanda, Inggris dan Amerika Serikat. Penyebab datangnya Islam di Asia Tenggra dari sudut pandang kalangan sejarawan asing maupun pribumi, belum dapat merumuskan secara historis yang dapat dijadikan pegangan bersama yang kadang-kadang sulit dipertemukan satu sama lain. Sedikitnya ada 3 teori besar masuknya Islam di Asia Tenggara. Pertama teori yang menyatakan Islam datang Langsung dari Arab. Kedua bahwa Islam datang dari India, yakni Gujarat dan Malaba. Ketiga menyatakan bahwa Islam datang dari Persia. Terdapat salah seorang sejarawan yang mengemukakan teori ke-empat bahwa Islam datang dari Kurdistand yaitu Ajid Thohir. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana biografi Ajid Thohir?, 2) Bagaimana sejarah Islam di Asia Tenggara?, 3) Bagaimana pandangan Ajid Thohir tentang sejarah Islam di Asia Tenggara? Penelitianan ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Biografi Ajid Thohir, 2) Sejarah Islam di Asia tenggara, 3) Pandangan Ajid Thohir tentang sejarah Islam di Asia Tenggara Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah yang diusung oleh Kuntowijoyo, yakni: Pemilihan Topik, Pengumpulan Data (Heuristik), Verifikasi (Kritik), Interpretasi (penafsiran), Historiografi (penulisan). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : Ajid Thohir lahir di Ciruas Serang-Banten pada tanggal 02 Mei 1968. Sejarah datangnya Islam ke Asia Tenggara dari Kurdistan menurut Ajid Thohir masih sebagai wacana, tetapi teori ini memberikan peluang kepada kita untuk melakukan sebuah interpretasi bahwa Islam masuk dari berbagai ruang dan tempat. Pandangan Ajid Thohir tentang Negara Islam di Asia Tenggara yang pertama Islam di Brunei Darussalam menggunakan aliran Ahlus Sunnah wal Jamaah pada pemerintahannya, kedua eksitensi Melayu sangat erat dengan Islam di Malaysia, ketiga kedatangan Islam di Thailand sudah terasa pada masa Kerajaan Sukhotai, keempat Islam di Filipina mengalamai ketegangan pada masa penjajahan karna sebutan “Moor”, kelima Singapura pada akhir abad ke-12 merupakan salah satu dari 10 kota di bawah kekuasaan Majapahit.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 05 Des 2023 07:58
Perubahan Terakhir: 05 Des 2023 07:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13893

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.