Penafsiran Ayat-ayat Al-Qur’an Yang Terlihat Menyalahi Kaidah Nahwu (Studi Komparatif Tafsir Al-Kasyaf Imam Al-Zamakhsayari dengan Tafsir Al-Bashit Karya Imam Abi Hasan Al-Wahidi)

Hidayatullah, Ahmad (2023) Penafsiran Ayat-ayat Al-Qur’an Yang Terlihat Menyalahi Kaidah Nahwu (Studi Komparatif Tafsir Al-Kasyaf Imam Al-Zamakhsayari dengan Tafsir Al-Bashit Karya Imam Abi Hasan Al-Wahidi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320053_Cover.pdf

Download (229kB)
[img] Teks
S_IAT_191320053_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_191320053_BAB I.pdf

Download (554kB)
[img] Teks
S_IAT_191320053_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (413kB)
[img] Teks
S_IAT_191320053_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (686kB)
[img] Teks
S_IAT_191320053_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (720kB)
[img] Teks
S_IAT_191320053_BAB V.pdf

Download (391kB)
[img] Teks
S_IAT_191320053_Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstrak

Di dalam Al-Qur‟a>n sudah tertera sangat jelas bahwa Al-Qur‟a>n adalah petunjuk bagi umat manusia dan kitab yang sempurna. Al-Qur‟a>n merupakan kitab yang sempurna dalam bentuk masih global sehingga Al-Qur‟a>n membutuhkan penafsiran-penafsiran yang benar sehingga yang mempelajari Al-Qur‟a>n tidak tersesat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana I‟ra>b dari ayat-ayat Al-Qur‟a>n yang terlihat menyalahi kaidah nahwu?, 2). Bagaimana Penafsiran Ima>m Al-Zamakhsyari> dan Ima>m Abi> Hasan Al-Wa>hidi>> dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur‟a>n yang terlihat menyalahi kaidah nahwu?, 3). Bagaimana teori yang digunakan oleh Ima>m Al-Zamakhsyari> dan Ima>m Abi> Hasan Al-Wa>hidi> dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur‟a>n yang terlihat menyalahi kaidah nahwu?. Tujuan masalah dari penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan I‟ra>b dari ayat-ayat Al-Qur‟a>n yang terlihat menyalahi kaidah nahwu, 2). Mendeskripsikan penafsiran Ima>m Al-Zamakhsyari> dan Ima>m Abi> Hasan Al-Wa>hidi> dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur‟a>n yang terlihat menyalahi kaidah nahwu, 3). Mengetahui teori yang digunakan oleh Ima>m Al-Zamakhsyari> dan Ima>m Abi> Hasan Al-Wa>hidi> dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur‟a>n yang menyalahi kaidah nahwu. Penelitian ini adalah menggunakan metode Tafsi>r muqaran. Yaitu penafsiran Al-Qur‟a>n dengan cara menghimpun sejumlah ayat-ayat Al-Qur‟a>n, kemudian mengkaji, meneliti dan membandingkan pendapat sejumlah penafsir mengenai ayat-ayat tersebut, baik penafsir dari generasi salaf maupun khalaf atau menggunakan Tafsi>r Bi Al-ra’yi maupun Al-Ma’tsur. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ayat-ayat Al-Qur‟a>n yang terlihat menyalahi kaidah nahwu yaitu, hanya sekedar terlihat konteks secara lafadz akan tetapi ketika diteliti lebih dalam ayat-ayat Al-Qur‟a>n memang seharusnya seperti itu dan sudah benar. iii karena Al-Qur‟a>n adalah sebagai sumber hukum yaitu kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 05 Des 2023 03:58
Perubahan Terakhir: 05 Des 2023 03:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13874

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.