Implikasi Perbedaan Qirā’at dalam Penafsiran Surah At-Takwīr (Studi Analisis Kitab Ḥirz al-Amānī karya Imām Asy-Syāṭibī)

Aminah, Siti (2023) Implikasi Perbedaan Qirā’at dalam Penafsiran Surah At-Takwīr (Studi Analisis Kitab Ḥirz al-Amānī karya Imām Asy-Syāṭibī). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320055_Cover.pdf

Download (262kB)
[img] Teks
S_IAT_191320055_Lampiran Depan.pdf

Download (742kB)
[img] Teks
S_IAT_191320055_BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Teks
S_IAT_191320055_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (556kB)
[img] Teks
S_IAT_191320055_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (613kB)
[img] Teks
S_IAT_191320055_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (686kB)
[img] Teks
S_IAT_191320055_BAB V.pdf

Download (244kB)
[img] Teks
S_IAT_191320055_Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstrak

Umat Islam tidak akan terlepas dari Al-Qur‟an dan dianjurkan untuk membaca dan memahami isi kandungannya. Perbedaan di kalangan masyarakat sering memicu keributan dikarenakan satu pihak merasa benar dan pihak lain disalahkan. Hal ini terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman akan Ilmu qirā’at karena memang ilmu ini sangat sulit untuk dipelajari dan sudah jarang yang mendalaminya. Perbedaan qirā’at dalam bacaan Al-Qur‟an dapat berimplikasi pada penafsiran. Surah At-Takwīr dikenal dengan surah yang sulit pengucapan lafalnya karena ayat pertama hingga 14 memiliki karakteristik makhārij al-hurūf yang berat dan sulit untuk diucapkan, dan temponya terhitung cepat dan memiliki 19 ayat yang ikhtilaf dalam qirā’at. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimana konteks Asy-Syāṭibī dalam perbedaan qirā’at surah At-Takwīr? Bagaimana implikasi dari perbedaan qirā’at terhadap penafsiran surah At-Takwīr?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui konteks Asy-Syāṭibī dalam perbedaan qirā’at surah At-Takwīr. 2) Untuk mengetahui implikasi dari perbedaan qirā’at terhadap penafsiran surah At-Takwīr. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat content analysis (analisis isi). Analisis ini adalah teknik untuk mengumpulkan dan menganalisis dari teks baik dari sumber primer maupun sekunder.Hasil dari skripsi ini, sebagai berikut: dari hasil penelitian melalui Library Research bahwa surah At-Takwīr dijelaskan dalam kitab Ḥirz al-Amānī terdapat empat ayat yang terdapat Farsy al-ḥurūf. Pertama pada ayat ke-6 Ibnu Kaṡīr dan Abu ʻAmrin membaca huruf jim‟ pada lafadz سُجِّزَدۡ dengan tidak bertasydid ( takhfif ). Kedua pada ayat ke-10 Ibnu Kaṡīr, Abu ʻAmr, Ḥamzah dan Al-Kisā‟ī membaca huruf syin‟ pada lafadz وُشِزَدۡ dengan bertasydid (syiddah). Ketiga pada ayat ke-12 lafadz سُعِّزَدۡ Nāfi՚, Ibnu Żakwān dan Ḥafṣ membaca huruf „ain‟ dengan bertasydid. Keempat pada ayat ke-24 Ibnu Kaṡīr , Abu ʻAmr dan Al-Kisā‟ī membaca dengan mengganti huruf dad‟ pada lafadz ثِضَىِيهٖ dengan za‟. Perbedaan Tasydid pada ayat diatas berimplikasi terhadap banyak atau berapa kali pengulangan kejadian tersebut. Dan adapun mengganti huruf dad‟ dengan za‟ berimplikasi terhadap makna bakhil atau tertuduh . Qirā’at bersifat ikhtiyārī jadi dibebaskan untuk menggunakan riwayat manapun karena selagi yang meriwayatkan qirā’at mutawatirah maka bacaan mereka telah dianggap benar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Qirā’at, Tafsir, Surah At-Takwīr
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.12 Ilmu-ilmu qiraat
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Des 2023 08:19
Perubahan Terakhir: 04 Des 2023 08:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13871

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.