Konsep Kesetaraan Gender dalam Al-Qur'an (Perspektif Kitab Tafsir Al-Manar)

Niat, Ichlasul (2023) Konsep Kesetaraan Gender dalam Al-Qur'an (Perspektif Kitab Tafsir Al-Manar). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_171320058_Cover.pdf

Download (183kB)
[img] Teks
S_IAT_171320058_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_171320058_BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Teks
S_IAT_171320058_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (270kB)
[img] Teks
S_IAT_171320058_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (527kB)
[img] Teks
S_IAT_171320058_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (374kB)
[img] Teks
S_IAT_171320058_BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Teks
S_IAT_171320058_Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstrak

Persoalan Gender sesungguhnya tidaklah menjadi masalah sepanjang tidak melahirkan ketidakadilan gender (genderinequalities). Namun, yang menjadi persoalannya ialah ternyata perbedaan gender telah melahirkan berbagai ketidakadilan, bagi kaum laki-laki, terutama terhadap kaum perempuan. Ketidakadilan gender merupakan sistem dan struktur di mana baik kaum laki-laki dan perempuan menjadi korban dari sistem tersebut.Untuk memahami bagaimana perbedaan gender menyebabkan ketidakadilan, dapat dilihat melalui berbagai manifestasi ketidakadilan yang ada. Rumusan masalah yang terdapat dalam pembahasan tersebut adalah a) Bagaimana konsep kesetaraan gender dalam al-Qur’an., b) Bagaimana konsep kesetaraan Gender dalam kitab tafsir Al-Manar. Tujuan dari penelitian ini adalah a) Mengetahui konsep kesetaraan gender dalam al-Qur’an, b) Mengetahui Bagaimana konsep kesetaraan Gender dalam kitab tafsir Al-Manar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan (Library research) dengan melakukan penelurusan dan inventarisasi data-data sekaligus pernyataan para tokoh ulama yang berkaitan dengan konsep kesetaraan gender baik berupa kitab, buku, artikel, jurnal, maupun karya ilmiah lainnya. Hasil yang di peroleh: 1) Al-Qur'an mengakui adanya perbedaan biologis antara laki-laki dan perempuan, namun perbedaan tersebut tidak menjadi dasar pembeda kedudukan dan peran antara laki-laki dan perempuan. Satu jenis mempunyai kedudukan yang superior dan jenis yang lain berada pada posisi yang inferior, sebagaimana dipahami oleh kebanyakan orang sampai saat ini. 2) Gender dalam kitab tafsir Al-Manar adalah kesadaran atas kesamaan peran, hak, dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan dalam kehidupan sosial inilah yang mendasari Abduh dalam melihat problem diskriminasi kaum hawa. Saat itu perempuan dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Kondisi sosial dan budaya telah memarjinalisir mereka dengan memasung sebagian hak-haknya dan memberikan ruang gerak yang sempit di wilayah domestik rumahan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Gender, Dalam Al-Qur’an, Perspektif Kitab Al-Manar
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.4 Kumpulan ayat-ayat dan surat-surat tertentu > 2x1.44 ayat-ayat mengenai syari’ah termasuk ayat-ayat hokum
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Des 2023 06:29
Perubahan Terakhir: 04 Des 2023 06:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13862

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.