Transaksi Gadai Emas di Toko Emas Jaya Murni Desa Sanepa Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Khaerani, Suci (2023) Transaksi Gadai Emas di Toko Emas Jaya Murni Desa Sanepa Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130109_COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Teks
S_HES_191130109_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_191130109_BAB I.pdf

Download (830kB)
[img] Teks
S_HES_191130109_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (677kB)
[img] Teks
S_HES_191130109_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (532kB)
[img] Teks
S_HES_191130109_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (563kB)
[img] Teks
S_HES_191130109_BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Teks
S_HES_191130109_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (893kB)

Abstrak

Gadai merupakan salah satu jenis perjanjian hutang di mana debitur menjaminkan hartanya sebagai jaminan atas kepercayaan kreditur. Agunan tetap menjadi milik penggadai, tetapi dikuasai penerima gadai. Dalam fikih Islam, transaksi hukum gadai disebut al-rahn. Kata al-rahn berasal dari bahasa Arab “rahana-yarhanu-rahnan” yang berarti menetapkan sesuatu. Praktik gadai dalam Islam adalah kasus muamalah. Perbedaan gadai pada hukum syariah dilaksanakan dengan keikhlasan sesuai dengan prinsip pertolongan tanpa menginginkan laba, selain itu gadai menurut Hukum Perdata selain berasas pada pertolongan juga mencari laba dengan mengadakan sewa model maupun bunga. Di kalangan masyarakat sudah banyak ditemui yang melakukan praktik gadai emas. Saat ini gadai emas tidak hanya dilakukan di Pegadaian syariah dan Perbankan syariah saja, tetapi juga dapat dilakukan di berbagai toko emas. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perlindungan hukum kepada konsumen pada Toko Emas Jaya Murni Desa Sanepa Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang? 2). Bagaimana praktik gadai emas di Toko Emas Jaya Murni? 3). Bagaimana pandangan hukum ekonomi syariah terhadap praktik gadai emas di Toko Emas Jaya Murni Desa Sanepa Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang? Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui perlindungan hukum kepada konsumen pada Toko Emas Jaya Murni Desa Sanepa Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang? 2).Untuk mengetahui praktik gadai emas yang ada di Toko Emas Jaya Murni. 3). Untuk mengetahui pandangan hukum ekonomi syariah terhadap praktik gadai emas di Toko Emas Jaya Murni. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dinalisis dengan menggambarkan informasi secara naratif, deskriptif terhadap data yang diperoleh, kemudian dikaitkan dengan teori hukum ekonomi syariah. Berdasarkan hasil penelitian, Perlindungan hukum kepada konsumen pada Toko Emas Jaya Murni Desa Sanepa Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang yaitu konsumen dapat mengajukan gugatan ganti rugi dengan dasar hukum KUHPerdata jo Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Praktik gadai emas pada Toko Emas Jaya Murni Desa Sanepa Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang sudah sesuai syariat Islam. Karena praktik gadai pada toko tersebut menggunakan akad rahn dan prinsip tolong-menolong (Ta‟awun). Tidak ada bunga dan biaya lainnya yang mengandung unsur riba.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Gadai, Rahn, Gadai Emas, Hukum Ekonomi Syariah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam > 2x4.225 Rahn
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Des 2023 03:21
Perubahan Terakhir: 04 Des 2023 03:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13854

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.