Pengharaman Hewan dalam Perspektif Hadis (Studi Hadis Tematik)

Hasanah, Uswatun (2023) Pengharaman Hewan dalam Perspektif Hadis (Studi Hadis Tematik). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IH_191370063_Cover.pdf

Download (13kB)
[img] Teks
S_IH_191370063_Lampiran Depan.pdf

Download (563kB)
[img] Teks
S_IH_191370063_BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Teks
S_IH_191370063_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (612kB)
[img] Teks
S_IH_191370063_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (514kB)
[img] Teks
S_IH_191370063_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (768kB)
[img] Teks
S_IH_191370063_BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Teks
S_IH_191370063_Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB)

Abstrak

Keberlangsungan hidup manusia tentu saja tidak lepas dari sandang pangan dan papan, terlebih dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yaitu berupa makanan, namun pada modern saat ini banyak sekali manusia yang tidak memperhatikan apa yang mereka makan, sehingga ini menjadi catatan yang penting bagi kita untuk memilih dan juga memperhatikan bahan makanan yang akan kita konsumsi, baik dilihat dari kehalalan dan juga keharaman makanan itu sendiri,sehingga akan berdampak baik terhadap kesehatan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 1). Apa yang dimaksud dengan pengharaman dan Kesehatan? 2). Bagaimana Hadis-Hadis mengenai pengharaman Hewan? 3). Bagaimana Kontekstualisasi Hadis mengenai pengharaman Hewan?. Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan dari penelitian ini ada adalah : 1). Untuk memahami pemaknaan mengenai pengharaman Hewan dan Kesehatan 2). Untuk mengetahui Hadis-Hadis mengenai Pengharaman Hewan 3). Untuk mengetahui kontekstualisasi Hadis mengenai pengharaman Hewan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode penelitian yang akan menghasilkan berupa data deskriptif. Kemudian sumber data yang digunakan data-data primer dan sekunder yaitu mencari dan mengumpulkan berbagai buku, kitab, jurnal yang tentu saja berkaitan dengan objek penelitian. Haram dalam Islam merupakan salah satu bentuk doktrin yang menjadi dasar dari dalil yang harus ditinggalkan secara tegas dan juga pasti. Keharaman suatu makanan sudah Allah jelaskan didalam Al-Qur‟an dan Juga Hadis. Keharaman tersebut buka semata-mata hanya larangan saja namun memiliki kumdharatan bagi setiap manusia yang melakukannya dan akan berdampak terhadap dirinya dan kesehatannya. Hadis-hadis mengenai pengharaman hewan menjadi salah satu kajian tematik terhadap kumpulan hewan-hewan yang diharamkan yang meliputi, hadis-hadis larangan memakan bangkai dan babi, hadis-hadis larangan memakan hewan yang bertaring, berkuku tajam, hewan yang hidup didua tempat, jalalah dan lain sebagainya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengharaman, Kesehatan, Hadis-hadis
Subjek: 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait > 2x2.3 Kumpulan Hadist menurut bidang tertentu. > 2x2.34 Hadist mengenai syari’at, termasuk hadist hukum
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Des 2023 02:48
Perubahan Terakhir: 04 Des 2023 02:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13850

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.