Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Korban KDRT yang Tetap Mempertahankan Rumah Tangga (Studi Kasus di Komplek Jerang Baru Permai Kecamatan Cibeber Kota Cilegon)

Nisa, Fira Khoirun (2023) Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Korban KDRT yang Tetap Mempertahankan Rumah Tangga (Studi Kasus di Komplek Jerang Baru Permai Kecamatan Cibeber Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110007_COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Teks
S_HKI_191110007_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (583kB)
[img] Teks
S_HKI_191110007_BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Teks
S_HKI_191110007_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (323kB)
[img] Teks
S_HKI_191110007_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (524kB)
[img] Teks
S_HKI_191110007_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (501kB)
[img] Teks
S_HKI_191110007_BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
S_HKI_191110007_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (816kB)

Abstrak

Perkawinan menurut Hukum Islam adalah pernikahan, yaitu akad yang sangat kuat untuk mentaati perintah Allah SWT dan melaksanakannya adalah ibadah.perkawinan juga bertujuan untuk menciptakan kehidupan yang sakinah, mawaddah, dan rahmah. Namun kenyataannya, di dalam keluarga bisa menjadi tempat penderitaan dan penyiksaan karena permasalahan rumah tangga yang terkadang diselesaikan dengan cara-cara yang kurang beretika, salah satunya dengan bertindak kekerasan. Pertengkaran yang terjadi pada suami istri, ada yang memutuskan untuk berpisah dan ada yang tetap bertahan meski telah mengalami permasalahan rumah tangga, baik secara ekonomi,fisik, maupun psikis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah1).Bagaimanakah bentuk tindak kekerasan dalam rumah tangga yang ada di komplek Jerang Baru Permai Kecamatan Cibeber Kota Cilegon?2).Faktor apa yang melatar belakangi terjadinya kekerasan dalam rumah tangga di komplek Jerang Baru Permai Kecamatan Cibeber Kota Cilegon.3).Pandangan hukum Islam dan Hukum Positif terhadap korban KDRT yang tetap mempertahankan rumah tangga Metode penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan empiris atau penelitian studi kasus (case study) penelitian dengan mencari informasi-informasi dilapangan untuk dijadikan bahan kajian penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan ini menyimpulkan bahwa 1). bentuk tindak kekerasan dalam rumah tangga di komplek Jerang Baru Permai Kecamatan Cibeber Kota Cilegon ada dua bentuk kekerasan yaitu kekerasan fisik dan kekerasan psikis. Bentuk kekerasan fisik seperti memukul, menampar, mencekik, menendang. Bentuk kekerasan psikis seperti membentak, bersuara keras, mengeluarkan kata-kata kasar. 2 ). Faktor yang melatar belakangi kekerasan dalam rumah tangga di komplek Jerang Baru Permai Kecamatan Cibeber Kota Cilegon meliputi faktor ekonomi, faktor cemburu, faktor perselingkuhan. 3). Pandangan hukum Islam dan hukum positif terhadap korban KDRT yang mempertahankan rumah tangga adalah dalam pandangan islam, seseorang yang mengalami KDRT akan tetapi masih mau dan mampu mempertahankan rumah tangganya adalah pahala yang amat besar baginya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Hukum Positif, Rumah Tangga, KDRT
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 01 Des 2023 07:53
Perubahan Terakhir: 01 Des 2023 07:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13839

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.