Pelaksanaan Walimah Infishol Ditinjau dari Hukum Islam di Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Fahlefi, Rizqi Awdy (2023) Pelaksanaan Walimah Infishol Ditinjau dari Hukum Islam di Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110034_COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Teks
S_HKI_191110034_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (521kB)
[img] Teks
S_HKI_191110034_BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Teks
S_HKI_191110034_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (474kB)
[img] Teks
S_HKI_191110034_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (170kB)
[img] Teks
S_HKI_191110034_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (629kB)
[img] Teks
S_HKI_191110034_BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Teks
S_HKI_191110034_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstrak

Walimah Infishol adalah perayaan pernikahan yang dilaksanakan terpisah antara laki-laki dan perempuan agar tidak terjadi ikhtilath yang di haramkan. Namun banyak sekali masyarakat terutaman di Kelurahan Duri Kepa masih mencampurkan undangan laki-laki dan perempuan karna mereka tidak mengetahui aturan walimah yang mengharuskan infishol (terpisah). Bahkan ada diantara masyarakat yang menolak karna beberapa alasan. Seperti tidak sesuai dengan adat,ribet, dan harus mengeluarkan biaya lebih dan lain sebagainya. Hal ini banyak terjadi di Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk,Jakarta Barat. Ketika ada pasangan yang menikah menerapkan Walimah Infishol sesuai syariat islam namun respon masyarakat ada yang respon positif dan ada pula yang respon negatif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pelaksanaan Walimah Infishol di Duri Kepa,Kebon Jeruk,Jakarta Barat? 2). Bagaimana tinjauan hukum islam dalam pelaksanaan Walimah Infishol di Duri Kepa,Kebon Jeruk Jakarta Barat? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan Walimah Infishol di Duri Kepa,Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 2) Untuk mengetahui tinjauan Hukum Islam tentang pelaksanaan Walimah Infishol di Duri Kepa,Kebon Jeruk,Jakarta Barat. Metode penelitian yang dilakukan pada penulisan skripsi ini menggunakan metode kualitatif untuk memahami suatu masalah dengan lebih mendalam yang mencari pemahaman dari literatur dan data sekunder. Dalam penelitian ini,fokusnya adalah pada tinjauan hukum islam yang relevan dengan topic yang diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1. Perkawinan diatur oleh Allah untuk menjaga martabat manusia. Walimah Infishol, pernikahan Islami dengan pemisahan tamu, dilaksanakan oleh Fasha Adlia dengan tekad dan semangat. Meskipun dihadapi kendala dan ketidaksetujuan, keputusan tersebut didasari nilai-nilai kebersamaan, keharmonisan, dan semangat untuk memperkenalkan pernikahan syar'i. Pemisahan tamu menjadi langkah menjaga kesopanan sesuai hukum Islam, dengan landasan kuat untuk kehidupan sosial yang adil. Walimah Infishol diarahkan sesuai prinsip-prinsip syariat, menciptakan interaksi sosial yang seimbang dan adil.. 2. prinsip dasar yang mendasari acara walimah dalam Islam adalah menjaga pemisahan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram, konsep yang disebut sebagai "Infishol". Prinsip ini diperkuat oleh pandangan empat mazhab besar dalam Islam, yaitu Maliki, Syafi'i, Hambali, dan Hanafi, serta diperkuat oleh berbagai ayat Al-Quran yang menekankan pentingnya menjaga aurat, berpakaian sopan, dan menghindari fitnah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Walimah Infishol, Pernikahan
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 27 Nov 2023 08:31
Perubahan Terakhir: 27 Nov 2023 08:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13805

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.