Implentasi Dakwah Struktural dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dalam Membentuk Akhlakul Karimah (Studi di Bappeda Provinsi Banten)

Widiawati, Windi (2023) Implentasi Dakwah Struktural dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dalam Membentuk Akhlakul Karimah (Studi di Bappeda Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510105_Cover.pdf

Download (18kB)
[img] Teks
S_KPI_191510105_Lampiran Depan.pdf

Download (981kB)
[img] Teks
S_KPI_191510105_BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Teks
S_KPI_191510105_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (663kB)
[img] Teks
S_KPI_191510105_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (206kB)
[img] Teks
S_KPI_191510105_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (545kB)
[img] Teks
S_KPI_191510105_BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Teks
S_KPI_191510105_Daftar Pustaka.pdf

Download (396kB)

Abstrak

Konsep struktural berkaitan erat dengan kepemimpinan, khususnya dalam konteks dakwah, yang melibatkan susunan, jabatan, dan pangkat da'i. Pernyataan ini dapat ditafsirkan sebagai metodologi yang metodis dan terorganisir yang mematuhi sistem yang ditetapkan dan menampilkan kecenderungan untuk memakai pengaruh dan berpartisipasi dalam proses eksekutif, yudikatif, dan legislatif. Pemaparan ini menyoroti peran dan tanggung jawab negara, yang mencakup semua komponen penyusunnya, sebagai subjek atau pelaksanan dakwah. Seperti pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bappeda Provinsi Banten. Berdasarkan uraian diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi dakwah struktural pada RPJMD dalam membentuk akhlakul karimah dan Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menjalankan program pada Rencana Kerja Pembangunan Jangka Menengah Daerah di Bappeda Provinsi Banten dalam membentuk akhlakul karimah? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peran dakwah struktural pada RPJMD dalam membentuk akhlakul karimah dan juga untuk Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menjalankan program pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah di Bappeda Provinsi Banten dalam membentuk akhlakul karimah. Studi ini merupakan bentuk penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penelitian lapangan dan kebijakan. Studi ini memakai berbagai teknik pengumpulan data, termasuk wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 2 orang. Responden merupakan pegawai Bappeda Provinsi Banten yang menangani terkait pembuatan RPJMD. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukakan dapat disimpulkan bahwa implementasi dakwah struktural pada RPJMD dalam membangun akhlakul karimah dengan cara pengembangan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, Serta kegiatan-kegiatan yang menerapkan nilai Islam dalam membentuk akhlakul karimah contohnya gerakan sholat berjamaah di Masjid Al Bantani KP3B, Satuan pendidikan se-Provinsi Banten pada tingkat SD/MI, SMP/MT, SMA/SMK/MA, Pembangunan 34 unit sekolah oleh Pemerintah Provinsi Banten, Program 1000 Tahfidz untuk pembinaan imam dan khatib ke desa-desa, pembangunan masjid bagi daerah atau masyarakat yang belum memiliki masjid, Pemprov Banten alokasikan Rp407 miliar untuk pendidikan gratis pada tahun 2020, Lomba Pawai Cinta Tanah Air (PCTA) untuk tingkat SMP dan SMA sederajat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dakwah Struktural, RPJMD, Akhlakul Karimah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 27 Nov 2023 04:03
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13790

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.