Strategi Komunikasi Dakwah dalam Meningkatkan Keharmonisan Rumah Tangga di Majlis Taklim Al-Barokah Kampung Gintung

Anggraeni, Neni (2023) Strategi Komunikasi Dakwah dalam Meningkatkan Keharmonisan Rumah Tangga di Majlis Taklim Al-Barokah Kampung Gintung. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510064_Cover.pdf

Download (299kB)
[img] Teks
S_KPI_191510064_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510064_BAB I.pdf

Download (513kB)
[img] Teks
S_KPI_191510064_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (476kB)
[img] Teks
S_KPI_191510064_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (294kB)
[img] Teks
S_KPI_191510064_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (810kB)
[img] Teks
S_KPI_191510064_BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Teks
S_KPI_191510064_Daftar Pustaka.pdf

Download (721kB)

Abstrak

Dakwah adalah kegiatan memanggil, menyeru, mengundang, mengajak, umat manusia untuk masuk dalam ajaran agama Islam secara menyeluruh atau kaffah, baik secara lisan, tulisan, atau perbuatan sebagai suatu ikhtiar seorang muslim. Dalam melakukan sebuah dakwah perlu menggunakan strategi untuk mencapai sebuah tujuan yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dari penelitian ini yaitu:1. Bagaimana strategi dakwah dalam membina rumah tangga yang harmonis. 2. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menyampaikan dakwah di kalangan ibu-ibu majlis talim Al-barokah? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui strategi dakwah dalam membina rumah tangga yang harmonis di kalangan ibu-ibu pengajian majlis taklim al-barokah. 2). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menyampaikan dakwah di kalangan Ibu-ibu Majlis Taklim Al-Barokah. Metode yangdigunakan penelitian ini adalah metode kualitatif deksriptif dengan pendekatan dan pengumpulan datanya dilakukan di lapangan (filed research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil dari penelitian menunjukan strategi dakwah pada Majlis Taklim yaitu: melakukan kegaitan pengajian selama 2 minggu sekali, memberikan bekal terhadap jamaah yang hadir untuk bisa mengaplikasikan materi yang sudah diberikan, melakukan evaluasi diri. Adapun strategi yang digunakan oleh dai sesuai dengan teori Al-Bayanuni adalah 1. Strategi sentimental yaitu strategi yang digunakan oleh Dai menggunakan lelucon agar bisa menggerakan hati mitra dakwah. 2. Strategi rasional strategi yang digunakan Dai adalah menyampaikan menggunkan bahasa yang sehari-hari dipakai oleh Jamaah Majlis Taklim yaitu bahasa sunda, agar mitra dakwah bisa berfikir dan mengerti pa yang disampaikan Dai. 3. Strategi indrawi, strategi yang digunkan Dai ini adalah menjadi suri tauladan bagi Jamaah yaitu dengan mencontohkan bagaimana mendidik anak dan istri. faktor pendukung dari penelitian ini adalah: letak strategis, dukungan masyarakat, fasilitas memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: adanya media online, tidak konsentrasi dalam mendengarkan ceramah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Dakwah, Rumah Tangga
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 27 Nov 2023 02:43
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13787

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.