Dahlia, Elis (2023) Keterlibatan Orangtua Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kampung Panosogan Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_181260062_Cover.pdf Download (23kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260062_Lampiran Depan.pdf Download (339kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260062_BAB I.pdf Download (469kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_181260062_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (649kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181260062_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (356kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181260062_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (338kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_181260062_BAB V.pdf Download (185kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260062_Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui nilai-nilai keagamaan anak di kampung panosogan. 2) Untuk mengetahui keterlibatan orangtua dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak usia 5-6 tahun. 3) Untuk mengetahui bagaimana cara orangtua mengajarkan ilmu keagamaan pada anak usia dini di rumah. 4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai keagamaan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian di lakukan di Kampung Panosogan Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data di lakukan dengan metode wawancara. Populasi yang di gunakan yaitu orangtua di Kampung Panosogan Kabupaten Serang. Sampel yang di ambil adalah ibu dari 10 anak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; untuk mengetahui nilai-nilai keagamaan anak usia dini di desa panosogan yaitu dengan mengajarkan mengaji setiap hari,membiasakan anak membaca doa setelah melakukan kegiatan seperti doa sebelum dan sesudah makan,praktek shalat. Salah satu menanamkan nilai keagamaan pada anak juga dengan cara memasukan anak ke TPA. anak di ajarkan agama islam sejak anak-anak agar tetap melekat di hati dan saat di ajarkan tentang agama islam akan cepat menangkap dan akan cepat mengerti. Ibu menggunakan metode keteladanan,pembiasaan, nasihat,perhatian,pengawasan dan hukuman. Faktor pendukung yang di hadapi salah satunya dalam mendidik anak sedangkan faktor penghambatnya kurangnya bimbingan belajar dari orangtua dan rendahnya motivasi dari orangtua.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengertian Keagamaan, Orangtua, Ibu, Anak |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 20 Nov 2023 02:42 |
Perubahan Terakhir: | 20 Nov 2023 02:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13739 |
Actions (login required)
Lihat Item |