Implementasi Konsep Syirkah Abdan Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Study Kasus BUMDes Desa Bangkuyung, Kecamatan Cikedal - Pandeglang)

Ulpah, Ulpah (2023) Implementasi Konsep Syirkah Abdan Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Study Kasus BUMDes Desa Bangkuyung, Kecamatan Cikedal - Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_181130003_Cover.pdf

Download (112kB)
[img] Teks
S_HES_181130003_Lampiran Depan.pdf

Download (471kB)
[img] Teks
S_HES_181130003_BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Teks
S_HES_181130003_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (248kB)
[img] Teks
S_HES_181130003_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (401kB)
[img] Teks
S_HES_181130003_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (316kB)
[img] Teks
S_HES_181130003_BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Teks
S_HES_181130003_Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB)

Abstrak

Penelitian ini mencoba mengimplementasikan konsep syirkah abdan dalam pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) perspektif hukum ekonomi syariah di Desa Bangkuyung Kecamatan Cikedal - Pandeglang. Rumusan masalahnya yaitu : 1) Bagaimanakah implementasi konsep Syirkah Abdan dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Perspektif Hukum Ekonomi Syariah? 2) Bagaimana Perspektif Hukum Ekonomi Syariah tentang Syirkah Abdan dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Implementasi Syirkah Abdan pada Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. 2) Untuk mengetahui Perspektif Hukum Ekonomi Syariah tentang Syirkah Abdan dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian menggunakan penelitian lapangan dan pendekatan analitis, teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi, dan sumber yang terdiri terdiri dari jurnal, artikel, buku-buku hukum dan sumber lainnya, sedangkan teknik analisis data dengan menerapkan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Implementasi Syirkah Abdan pada Pengelolaan Jenis Usaha BUMDes Bangkuyung Berkah Mandiri tidak lepas dari konsep syirkah abdan, di mana keuntungan dari usaha kios pupuk dan prudes merupakan bagian dari keseluruhan keuntungan, yang ditentukan dalam prosentase sesuai dengan AD/ART BUMDes. Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar yang diberikan kepada seluruh pengelola unit usaha, termasuk kios pupuk dan usaha prudes, yang semuanya dibagi secara merata. Bentuk Perjanjian Syirkah Abdan dapat dilihat dari kerjasama BUMDes dengan pengelola unit usaha kios pupuk, dan usaha prudes (Emping). 2) Hukum Ekonomi Syariah tentang Syirkah Abdan dalam Pengelolaan Unit Usaha Badan Usaha Milik Desa terdapat beberapa prinsip dalam hukum ekonomi Islam yang harus dipenuhi dalam melaksanakan kerja sama pengelolaan unit usaha BUMDes. Syarat pertama akad, Akad yang terjadi pada kedua pengelola unit usaha di BUMDes dipandang sah apabila memenuhi rukun dan syarat akad. Syarat dua pihak yang berakad ini harus memiliki kecakapan dalam pekerjaan dan mampu melakukan pengelolaan harta. Syarat tiga objek akad, yang menjadi objek akad dalam kerja sama antara pengurus BUMDes dengan pengelola unit usaha adalah keterampilan atau tenaga.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Syirkah Abdan, BUMDes Bangkuyung Berkah Mandiri, Hukum Islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.24 Syarikah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 17 Nov 2023 01:56
Perubahan Terakhir: 17 Nov 2023 01:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13723

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.