Tinjauan Hukum Islam Terhadap Takaran Pada Transaksi Jual Beli Bensin di Pasar Petir (Studi Kasus di Pasar Petir, Kec. Petir, Kab. Serang)

Novianti, Lela (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Takaran Pada Transaksi Jual Beli Bensin di Pasar Petir (Studi Kasus di Pasar Petir, Kec. Petir, Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130026_Cover.pdf

Download (49kB)
[img] Teks
S_HES_191130026_Lampiran Depan.pdf

Download (903kB)
[img] Teks
S_HES_191130026_BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Teks
S_HES_191130026_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (704kB)
[img] Teks
S_HES_191130026_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (151kB)
[img] Teks
S_HES_191130026_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (336kB)
[img] Teks
S_HES_191130026_BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Teks
S_HES_191130026_Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)

Abstrak

Di pasar Petir terdapat dua penjual bensin yang dalam sistem takarannya tidak seperti pada umumnya, dalam kegiatan jual beli bensin yang terjadi di Pasar Petir penjual bensin tersebut dalam penakarannya menggunakan sistem takaran dengan perkiraan atau mengira-ngira volume bensin tersebut. Adapun perkiraan takaran yang dimaksud di sini adalah bensin tersebut dikemas dalam suatu wadah berupa botol akua besar, dalam setiap botol tersebut diisi dengan bensin satu liter, pengemasan kedalam botol tersebut diukur dengan menggunakan pompa pertamini, tetapi pada saat pengisian pertama penjual tidak menandai tinggi volume yang berada dalam botol tersebut yang menjadikan penjual hanya menebak ukuran volume bensin tersebut dengan mengira-ngira dan mengingat-ngingat saja. Tindakan yang dilakukan penjual tersebut bisa saja salah dan tidak tepat yang menyebabkan kemungkinan adanya perbedaan tinggi volume pada setiap botolnya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Sistem Takaran Pada Transaksi Jual Beli Bensin Di Pasar Petir, Kec. Petir, Kab Serang?, 2)Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Takaran Pada Praktik Jual Beli Bensin Di Pasar Petir, Kec. Petir, Kab, Serang? Tujuan pada penelitian skripsi ini yaitu untuk: 1)Untuk Mengetahui Sistem Takaran Pada Transaksi Jual Beli Bensin yang Ada di Pasar Petir, Kec. Petir, Kab. Serang, 2)Untuk Mengetahui Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Takaran Pada Praktik Jual Beli Bensin yang Ada di Pasar Petir, Kec. Petir, Kab. Serang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder, yaitu dengan diperoleh melalui wawancara ke tempat lokasi penelitian langsung dan juga hasil dari beberapa sumber lainnya berupa buku, jurnal, Al-Qur’an dan juga Hadits. Teknik pengumpulan data yang diperoleh pada penelitian ini melalui observasi,wawancara dan juga dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jual beli bensin yang terjadi di Pasar Petir menggunakan sistem takaran hanya dengan perkiraan. Dimana awalnya penjual mengemas bensin ke dalam botol dengan menggunakan pompa pertamini, tetapi pada saat pengisian, penjual tidak menandai tinggi volume bensin pada botol tersebut yang sesuai dengan harga yang telah ditetapkan sehingga mengakibatkan adanya perbedaan volume dari setiap bensin pada kemasan botol tersebut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Jual Beli, Sistem Takaran, Hukum Islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2023 03:37
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2023 03:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13719

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.