Konseling Behavioral Menggunakan Teknik Self-Management dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat Pada Penderita Insomnia (Studi Kasus di Desa Pisangan Jaya Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang Banten)

Fauziyah, Febi Nur (2023) Konseling Behavioral Menggunakan Teknik Self-Management dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat Pada Penderita Insomnia (Studi Kasus di Desa Pisangan Jaya Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520075_Cover.pdf

Download (99kB)
[img] Teks
S_BKI_191520075_Lampiran Depan.pdf

Download (852kB)
[img] Teks
S_BKI_191520075_BAB I.pdf

Download (594kB)
[img] Teks
S_BKI_191520075_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (631kB)
[img] Teks
S_BKI_191520075_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (355kB)
[img] Teks
S_BKI_191520075_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (321kB)
[img] Teks
S_BKI_191520075_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_BKI_191520075_Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB)

Abstrak

Sebagian besar dewasa awal acuh terhadap kesehata dan tidak menerapkan pola hidup yang sehat, seperti pola tidur dan makan yang tidak teratur, mengalami insomnia, sering begadang, dan malas berolahraga. Salah satu cara yang tepat agar seseorang memiliki kesadaran akan hidup sehat dengan menerapkan teknik self-management. Rumusan masalah dalam penilitian ini 1) Bagaimana pola hidup dewasa awal di Desa Pisangan Jaya? 2) Bagaimana pelaksanaan konseling behavioral menggunakan teknik self management untuk menerapkan pola hidup sehat pada penderita insomnia ? 3) Bagaimana pola hidup responden setelah diberikan treatment?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui pola hidup dewasa awal di Desa Pisangan Jaya 2) Mengetahui pelaksanaan konseling behavioral menggunakan teknik self-management untuk menerapkan pola hidup sehat pada penderita insomnia 3). Ingin mengetahui pola hidup sehat penderita insomnia setelah diberikan treatmen. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata atau gambar bukan angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Pola hidup dewasa awal di Desa Pisangan Jaya belum sepenuhnya memiliki kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya. Kondisi yang dialami yaitu gangguan tidur atau insomnia. Indikatornya adalah tidak memiliki inisiatif untuk menerapkan pola hidup sehat, tidak mampu mengatur waktunya dengan baik, malas untuk memulai hal-hal yang sebetulnya baik untuk dirinya, sudah terbiasa menjalani pola hidup yang kurang teratur walaupun mereka merasakan sendiri akibatnya dan tidak memiliki keinginan yang kuat untuk merubah kebiasaan. 2) Proses pelaksanaan konseling behavioral menggunakan teknik self-management ini dilaksanakan dalam empat tahap pertemuan. Pertemuan pertama yaitu asesmen. Pertemuan kedua yaitu menetapkan tujuan yang ingin dicapai dan implementasi teknik self management. Pertemuan ketiga melakukan tindak lanjut. Dan pertemuan keempat yaitu evaluasi hasil konseling dan pengakhiran proses konseling. 3) Pola hidup responden setelah dilakukannya konseling behavioral menggunakan teknik self management menjadi lebih baik, responden sudah mampu menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya seperti makan dengan teratur, istirahat dengan cukup, aktif berolahraga dan dapat mengatur dirinya dengan baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Insomnia, Konseling Behavioral, Pola Hidup Sehat, Self Management
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2023 03:14
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13700

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.