Peran Koperasi Usaha Bersama (KUB) Mitra Mandala dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Produksi Gula Aren Organik Hariang (Studi di Desa Hariang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten)

Solihati, Septy (2023) Peran Koperasi Usaha Bersama (KUB) Mitra Mandala dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Produksi Gula Aren Organik Hariang (Studi di Desa Hariang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530082_Cover.pdf

Download (149kB)
[img] Teks
S_PMI_191530082_Lampiran Depan.pdf

Download (529kB)
[img] Teks
S_PMI_191530082_BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Teks
S_PMI_191530082_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (377kB)
[img] Teks
S_PMI_191530082_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (201kB)
[img] Teks
S_PMI_191530082_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (245kB)
[img] Teks
S_PMI_191530082_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_PMI_191530082_Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB)

Abstrak

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kemiskinan. Koperasi Usaha Bersama (KUB) menjadi salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui usaha ekonomi produktif. Di Desa Hariang, terdapat potensi produksi gula aren organik yang dikelola oleh KUB Mitra Mandala sejak tahun 1995 yang bertujuan untuk memberdayakan petani gula aren agar hidup sejahtera. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran KUB Mitra Mandala dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani aren Hariang? Untuk menjelaskan bagaimana model pemberdayaan yang digunakan oleh KUB Mitra Mandala dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat petani aren Hariang? dan untuk mengetahui dampak program KUB dalam pemberdayaan masyarakat terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat petani aren Hariang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran KUB Mitra Mandala dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani aren di Desa Hariang. Untuk menjelaskan model pemberdayaan yang digunakan oleh KUB Mitra Mandala dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat petani aren di Desa Hariang. Untuk menguraikan dampak program KUB dalam pemberdayaan masyarakat terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat petani aren di Desa Hariang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai desain penelitian. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dengan Ketua KUB Mitra Mandala, bagian pemasaran produk KUB Mitra Mandala dan anggota KUB Mitra Mandala serta pihak terkait lainnya. Model pemberdayaan yang digunakan oleh KUB Mitra Mandala adalah Model Pemberdayaan Aset Based Community Development yang menekankan kepada pemanfaatan aset yang ada pada masyarakat. Penelitian ini menunjukkan bahwa KUB Mitra Mandala memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan petani aren di Desa Hariang.Pertama, melalui pemberdayaan masyarakat dan memanfaatkan aset yang ada, KUB Mitra Mandala menciptakan solidaritas dan kerjasama di antara petani aren. Kedua, program-produk yang dilaksanakan oleh KUB Mitra Mandala memberikan dampak di bidang ekonomi berupa peningkatan pendapatan dan bidang sosial yakni dengan pemberian bantuan alat produksi dan memfasilitasi pemasaran gula aren dengan jangkauan pasar yang lebih luas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Gula Aren Organik, Pemberdayaan, Peran KUB Mitra Mandala
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 307 Masyarakat
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2023 07:51
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13693

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.