Program Budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) dalam Pengelolaan Sampah (Studi di Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Cengkareng, Jakarta Barat)

Rifa’i, Alwansyah (2023) Program Budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) dalam Pengelolaan Sampah (Studi di Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Cengkareng, Jakarta Barat). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_181530007_Cover.pdf

Download (126kB)
[img] Teks
S_PMI_181530007_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PMI_181530007_BAB I.pdf

Download (488kB)
[img] Teks
S_PMI_181530007_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (730kB)
[img] Teks
S_PMI_181530007_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (514kB)
[img] Teks
S_PMI_181530007_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (449kB)
[img] Teks
S_PMI_181530007_BAB V.pdf

Download (308kB)
[img] Teks
S_PMI_181530007_Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB)

Abstrak

Pada hakikatnya pengelolaan sampah menjadi masalah yang aktual seiring meningkatnya pertumbuhan penduduk. Sebagian besar sampah di Indonesia berasal dari sampah organik dan anorganik. Dalam menangani permasalahan sampah dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Cengkareng melaksanakan pemberdayaan masyarakat dengan program budidaya maggot BSF. Berdasarkan latar belakang yang telah dijabarkan di atas, maka rumusan masalah penelitian yang didapat, yaitu: 1) Bagaimana proses budidaya Maggot Black Soldier Flty (BSF) dalam pengelolaan sampah lingkungan di Cengkareng? 2) Apa manfaat budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) pada lingkungan Cengkareng? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat program budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) dalam pengelolaan sampah di lingkungan Cengkareng? Adapun terdapat beberapa tujuan dalam penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui proses budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) dalam pengelolaan sampah di lingkungan Cengkareng. 2) Untuk mengetahui manfaat budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) pada lingkungan Cengkareng. 3) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat program budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) dalam pengelolaan sampah di lingkungan Cengkareng. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, dengan menggambarkan objek penelitian dengan sesuai fakta dan hasil data yang didapat pada Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Cengkareng di bulan Juli 2022 sampai April 2023. Maka dari itu, penulis dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan pada penelitian ini maka penulis menyimpulkan 1) Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Cengkareng mempunyai peran penting dalam program budidaya maggot BSF dengan konsep sub inti dan plasma dalam pengelolaan sampah. 2) Manfaat budidaya maggot BSF sebagai pengolah sampah yang murah dengan penghasilan yang besar, tidak menimbulkan pencemaran, media pakan yang mudah, habitat yang membutuhkan lahan sedikit, dan menjadi peluang bisnis bagi masyarakat. 3) Faktor pendukung pada Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Cengkareng, seperti peran serta masyarakat, adanya anggaran program, membantu pengurangan volume pembuangan sampah. Selain itu, terdapat faktor penghambat, diantaranya kesadaran masyarakat, terbatasnya lahan, bau yang menyengat dari pakan, dan maggot BSF cepat mati sebab faktor pakannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Cengkareng, maggot bsf, sampah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2023 04:38
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13692

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.