Peran UMKM Pembuatan Dodol Tenjo Bang Aldi dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Kampung Tenjo Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor

Maulidina, Shafa (2023) Peran UMKM Pembuatan Dodol Tenjo Bang Aldi dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Kampung Tenjo Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_181530098_Cover.pdf

Download (37kB)
[img] Teks
S_PMI_181530098_Lampiran Depan.pdf

Download (525kB)
[img] Teks
S_PMI_181530098_BAB I.pdf

Download (664kB)
[img] Teks
S_PMI_181530098_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (279kB)
[img] Teks
S_PMI_181530098_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (529kB)
[img] Teks
S_PMI_181530098_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (408kB)
[img] Teks
S_PMI_181530098_BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Teks
S_PMI_181530098_Daftar Pustaka.pdf

Download (406kB)

Abstrak

Dodol merupakan salah satu ciri khas makanan yang berasal dari Desa Tenjo. Masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan dan taraf ekonomi rendah bergabung untuk membuka usaha UMKM Dodol Tenjo Bang Aldi untuk membantu perekonomian masyarakat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Peran UMKM Dodol Tenjo Bang Aldi Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Kampung Tenjo Kecamatan Tenjo? 2) Bagaimana proses pemberdayaan UMKM Pembuatan Dodol Tenjo Bang Aldi Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Kampung Tenjo Kecamatan Tenjo? 3) Apa saja Faktor Pendukung Dan Penghambat Dari Proses Pemberdayaan Masyarakat UMKM Dodol Tenjo Bang Aldi Di Kampung Tenjo Kecamatan Tenjo? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui proses pemberdayaan UMKM Dengan Meningkatkan Perekonomian Masyarakat 2) Untuk mengetahui peran adanya UMKM Dodol Tenjo Bang Aldi Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Kampung Tenjo Kecamatan Tenjo 3) Untuk Mengetahui Faktor Pendukung Dan Penghambat Dari Proses Pemberdayaan Masyarakat UMKM Dodol Tenjo Bang Aldi Di Kampung Tenjo Kecamatan Tenjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena menggambarkan objek penelitian di tempat UMKM Dodol Tenjo Bang Aldi Kampung Tenjo. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa UMKM Dodol Tenjo Bang Aldi melakukan proses pemberdayaan masyarakat dengan melalukan beberapa tahapan yaitu; tahap persiapan, tahap pengkajian, tahap perencanaan alternatif program kegiatan, tahap pemformalisasi rencana aksi, tahap implementasi program atau kegiatan, tahap evaluasi dan tahap terminasi. UMKM Dodol Tenjo Bang Aldi ini berperan dalam Memberikan Lapangan Pekerjaan dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kampung Tenjo. Hal ini dapat dilihat dari pendapatan yang meningkat dan aktivitas ekonomi berjalan lancar. Adapun faktor pendukung kegiatan tersebut: Adanya Modal, Ketersedian sumber daya manusia (SDM) dan peminat. Adapun faktor penghambat adalah: Kenaikan harga bahan baku dan Jaringan usaha.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan, Ekonomi, Masyarakat, UMKM, Dodol Tenjo
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2023 03:23
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 04:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13690

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.