Peran Pemerintah Kota Tangerang dalam Program Kampung Tematik Terhadap Kelompok Lele Barokah (Studi Deskriptif di Kampung Lele Barokah Kelurahan Cipete Kota Tangerang)

Lestari, Sekar Annastasya (2023) Peran Pemerintah Kota Tangerang dalam Program Kampung Tematik Terhadap Kelompok Lele Barokah (Studi Deskriptif di Kampung Lele Barokah Kelurahan Cipete Kota Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530052_Cover.pdf

Download (275kB)
[img] Teks
S_PMI_191530052_Lampiran Depan.pdf

Download (917kB)
[img] Teks
S_PMI_191530052_BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Teks
S_PMI_191530052_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (538kB)
[img] Teks
S_PMI_191530052_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (345kB)
[img] Teks
S_PMI_191530052_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (548kB)
[img] Teks
S_PMI_191530052_BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Teks
S_PMI_191530052_Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB)

Abstrak

Kota Tangerang adalah kota yang dinilai memiliki wilayah strategis dalam mengembangkan potensi lokal yang ada. Walaupun demikian, permasalahan sosial seperti kemiskinan dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan masih dijumpai di dalamnya. Oleh karena itu, pada tahun 2017 Pemerintah melakukan upaya dengan merancang program pemberdayaan yakni program Kampung Tematik. Program Kampung Tematik menjadi salah satu inovasi Pemerintah Kota Tangerang dalam mengatasi permasalahan sosial tersebut. Kampung Tematik Lele Barokah adalah kampung yang terletak di Kelurahan Cipete Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Kampung tersebut bergerak dalam bidang usaha budidaya ikan sehingga di dalamnya terdapat kelompok budidaya ikan yang bernama “Lele Barokah”. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1. Untuk menjelaskan peran Pemerintah dalam program Kampung Tematik terhadap Kelompok Lele Barokah, 2. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan Kelompok Lele Barokah dalam program Kampung Tematik, 3. Untuk mengetahui dampak program Kampung Tematik terhadap Kelompok Lele Barokah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, merupakan metode yang di dalamnya menggambarkan objek penelitian secara rinci berdasarkan fakta-fakta yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Dalam pelaksanaan program Kampung Tematik di Kampung Lele Barokah tidak terlepas dari peran Pemerintah Kota Tangerang seperti peranan dalam memberikan motivasi, memperkuat kapasitas dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, memberikan dukungan dan bimbingan kepada Kelompok Lele Barokah. 2) Dalam pelaksanaan kegiatan budidaya ikan yang dilakukan oleh Kelompok Lele Barokah terdapat enam tahapan yakni tahap persiapan, tahap identifikasi masalah, tahap perencanaan program, tahap formulasi rencana aksi, tahap pelaksanaan program dan tahap evaluasi. 3) Dampak yang diperoleh dalam pelaksanaan kegiatan budidaya ikan terbagi menjadi dua yakni dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya adalah peningkatan pendapatan kelompok, peningkatan pemahaman dan keterampilan baik masyarakat maupun kelompok, dan peningkatan eksistensi dari Kampung Lele Barokah. Sedangkan, dampak negatifnya adalah pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah organik dari pemberian pakan ikan dan kotoran ikan serta penggunaan kerambah jaring apung.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran, Kampung Tematik, Masyarakat, Budidaya Ikan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2023 02:46
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 04:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13688

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.