Upaya Komunitas Mahasiswa Taktis Demokratis Wanasalam Terhadap Pengembangan Lifeskill Generasi Muda (Studi di Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten)

Rizali, Repi (2023) Upaya Komunitas Mahasiswa Taktis Demokratis Wanasalam Terhadap Pengembangan Lifeskill Generasi Muda (Studi di Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530103_Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Teks
S_PMI_191530103_Lampiran Depan.pdf

Download (663kB)
[img] Teks
S_PMI_191530103_BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Teks
S_PMI_191530103_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (399kB)
[img] Teks
S_PMI_191530103_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (488kB)
[img] Teks
S_PMI_191530103_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (339kB)
[img] Teks
S_PMI_191530103_BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Teks
S_PMI_191530103_Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB)

Abstrak

Indonesia diprediksi akan menghadapi era bonus demografi pada tahun 2030-2040. Era ini akan diiringi oleh perkembangan industri 4.0 dan era society 5.0 yang semakin meningkat, sehingga peningkatan life skill menjadi hal yang sangat penting bagi generasi muda. Salah satu Komunitas yang memiliki konsen terhadap pemberdayaan masyarakat terutama generasi muda di Kecamatan Wanasalam adalah Komunitas Mahasiswa Taktis Demokratis Wanasalam (MATADEWA) Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Komunitas Matadewa dalam melakukan pengembangan life skill generasi muda di Kecamatan Wanasalam, program apa yang dijalankan, dan apa dampak yang dihasilkan dari adanya program tersebut. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana upaya Komunitas Matadewa dalam proses pengembangan life skill, menjabarkan apa saja program yang di lakukan serta untuk mengetahui bagaimana dampak dari program tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada pihak-pihak terkait seperti kepada perumus, pengurus koordinator pusat komunitas matadewa, pengurus koordinator wilayah,penanggungjawabprogram, tenaga pengajar inti dan pendamping serta peserta Matadewa class. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan fokus kepada deskripsi, pengumpulan data dan analisa data. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka kesimpulannya adalah :Pertama,Komunitas Matadewa dengan Program Matadewa classnya memiliki peran penting terhadap pengembangan life skill generasi muda di Kecamatan Wanasalam. Hal tersebut dibuktikan dengan bertambahnya kemampuan peserta Matadewa classseperti kemampuan terhadap penguasaan teknologi, bahasa dan pengetahuan umum setelah mereka mengikuti materi yang diajarkan. Kedua, Matadewa Class terdiri dari dua kelas inti, yaitu kelas digital dan kelas bahasa, serta satu kelas pendukung yakni perpustakaan digital yang fokus pengembangan life skill nya mencakup general life skill dan specific lifeskill.Sebagai sebuah organisasi non-profit, non-donatur, dan non-proposal, Komunitas Matadewa telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya pemberdayaan generasi muda secara gratis di era yang serba komersial, sehingga menjadi sebuah role model bagi organisasi/komunitas kemahasiswaan kontemporer.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Life Skill, Pemberdayaan, Komunitas Matadewa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2023 09:06
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13684

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.