Peran Koperasi Kareo Mandiri Sejahtera (KMS) dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga di Kampung Kareo Dukuh Desa Kareo Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang

Selpiandi, Evi (2023) Peran Koperasi Kareo Mandiri Sejahtera (KMS) dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga di Kampung Kareo Dukuh Desa Kareo Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530106_Cover.pdf

Download (152kB)
[img] Teks
S_PMI_191530106_Lampiran Depan.pdf

Download (953kB)
[img] Teks
S_PMI_191530106_BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Teks
S_PMI_191530106_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (231kB)
[img] Teks
S_PMI_191530106_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (213kB)
[img] Teks
S_PMI_191530106_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (284kB)
[img] Teks
S_PMI_191530106_BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Teks
S_PMI_191530106_Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB)

Abstrak

Situasi di Kampung Kareo Dukuh sangat mengkhawatirkan karena tingginya permasalahan sampah, terutama limbah plastik yang sulit untuk diuraikan. Namun, berkat inisiatif Koperasi Kareo Mandiri Sejahtera dan pelaksanaan program pengelolaan serta pemanfaatan limbah rumah tangga yang mereka terapkan, masalah tersebut berhasil diatasi dengan sukses. Dengan program ini, tumpukan limbah plastik yang sebelumnya hanya dibiarkan begitu saja, kini dapat dimanfaatkan untuk menciptakan barang-barang bernilai. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui peran koperasi Kareo Mandiri Sejahtera (KMS) dalam pengelolaan dan pemanfaatan limbah. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan dan pemanfaatan limbah yang dilakukan oleh koperasi Kareo Mandiri Sejahtera (KMS). Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan hasil observasi yaitu mengamati secara langsung kegiatan pemberdayaan yang dilakukan di Kampung Kareo Dukuh Desa Kareo, wawancara dengan pengurus Koperasi Kareo Mandiri Sejahtera serta masyarakat, dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa peran Koperasi Kareo Mandiri Sejahtera (KMS) dalam pengelolaan dan pemanfaatan limbah rumah tangga di Kampung Kareo Dukuh sangat signifikan, Dengan melalui beberapa langkah, yaitu tahap persiapan, tahap pengkajian, tahap perencanaan alternatif program atau kegiatan, tahap formalisasi rencana aksi, tahap pelaksanaan atau implementasi, dan tahap evaluasi. Setelah menjalankan proses pemberdayaan masyarakat ini, masyarakat mendapatkan manfaat baik dalam aspek sosial maupun ekonomi. Dalam menjalankan program pengelolaan dan pemanfaatan limbah ini, terdapat faktor-faktor yang mendukung dan juga menghambat pelaksanaannya. Faktor-faktor pendukung mencakup kontribusi positif dari Koperasi Kareo Mandiri Sejahtera, partisipasi aktif masyarakat, dan adanya peluang ekonomi kreatif yang dapat diaplikasikan. Di sisi lain, faktor-faktor penghambat melibatkan kurangnya sumber daya manusia yang memiliki motivasi dan keterampilan wirausaha, kurangnya perhatian dari pemerintah terhadap pengelolaan dan pemanfaatan limbah rumah tangga, serta keterbatasan akses pemasaran akibat minimnya pengetahuan tentang teknologi informasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengelolaan, Pemanfaatan, Limbah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 334 Koperasi
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2023 07:52
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13679

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.