Peran Komunitas Damar 26 dalam Meningkatkan Minat Baca bagi Generasi Muda di Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon

Haryani, Ahmad (2023) Peran Komunitas Damar 26 dalam Meningkatkan Minat Baca bagi Generasi Muda di Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_181530022_Cover.pdf

Download (118kB)
[img] Teks
S_PMI_181530022_Lampiran Depan.pdf

Download (466kB)
[img] Teks
S_PMI_181530022_BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Teks
S_PMI_181530022_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (260kB)
[img] Teks
S_PMI_181530022_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (180kB)
[img] Teks
S_PMI_181530022_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (179kB)
[img] Teks
S_PMI_181530022_BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Teks
S_PMI_181530022_Daftar Pustaka.pdf

Download (886kB)

Abstrak

Seiring dengan adannya tantangan globalisasi, kommunitas damar 26 mengalami perkembangan bukan hanya sebagai lembaga literasi tetapi juga mengikuti arus perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memotivasi dan membangkitkan semangat kesadaran akan potensi yang dimiliki dan berupaya untuk mengembangkannya. Kehadiran Komunitas Damar 26 untuk meningkatkan daya minat baca generasi muda di kota Cilegon khusunya warga sekitar Dukuh Malang. Oleh sebab itu, Komunitas Damar 26 hadir ditengah masyarakat gerakan literasi dan sosial. Berdasarkan uraian diatas, maka rumusan masalah dalam uraian ini adalah: 1. Bagaimana Peran Komunitas Damar 26 Dalam Meningkatkan Minat Baca Generasi Muda di Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon? 2. Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Komunitas Damar 26 Dalam Mengedukasi Minat Baca Generasi Muda di Kota Cilegon Adapun tujuan dari penelitihan ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana peran Komunitas Damar 26 dalam meningkatkan minat baca generasi muda di Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon. 2. Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat minat baca Komunitas Damar 26 dalam generasi muda di Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon. 3. Mengetahui dampak Komunitas Damar 26 dalam meningkatkan minat baca bagi generasi muda di Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon Metode yang di gunakan adalah kualitatif dengan metode analisi deskritif, sehingga peneliti akan menjabarkan dan mendeskripsikan data hasil dari penelitihan seacara riil yang sesuai dengan situasi, kondisi dan kronologi yang terjadi di lapangan. Berdasarkan penelitihan yang dilakukan dapat disimpulkan: kegiatan yang dilakukan dalam melaksanakan program pemberdayaan minat baca melalui Komunitas Damar 26 adalah upaya pemberdayaan dalam meningkatkan minat baca bagi generasi muda dikota Cilegon. Yang diharapkan dari hasil kegiatan Komunitas Damar 26 ini adalah semua yang terlibat belajar dapat meningkatkan potensi dan bakat tersediri yang dimiliki setiap orang. Faktor pendukung dalam pemberdayaan Komunitas Damar 26 yakni: 1.Rasa ingin tahu apa yang ada dalam dunia literasi sesuai prinsip, pengetahuan dan informasi. 2. Keadaan fisik yang cukup memadahi literasi, dalam arti kesediannya bacaan yang menarik yang disukai, berkualitas dan beragam. 3. Keadaan lingkungan sosial yang kondusif, maksudnya manfat keberadaan adanya dimanfaatkan untuk dapat membaca. Sedangkan faktor penghambat minat baca Generasi Muda yakni: 1. Bahwa derasnya arus hiburan melalui media elekronik saat ini teknologi semakin canggih masyarakat cenderung kecanduan dengan berbagai macam permainan berbasis teknologi seperti video game, playstation, media sosial, dan sebagainya. Sebab, masyarakat lebih senang mendengar dan melihat dari pada membaca. 2. Budaya bangsa indonesia sat ini baik remaja ataupun orang tua lebih sering menghabiskan waktu dengan mengobrol dari pada membaca. 3. Kesediaan bacaan buku masih kurang lengkap.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan Literasi Komunitas Damar 26
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2023 07:42
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13678

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.