Penggunaan Bebasan di Kalangan Remaja (Studi Deskriptif di Desa Sukajadi Kecamatan Kragilan Serang Banten)

Alivah, Deva Nur (2023) Penggunaan Bebasan di Kalangan Remaja (Studi Deskriptif di Desa Sukajadi Kecamatan Kragilan Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510069_COVER.pdf

Download (287kB)
[img] Teks
S_KPI_191510069_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510069_BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Teks
S_KPI_191510069_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (445kB)
[img] Teks
S_KPI_191510069_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (303kB)
[img] Teks
S_KPI_191510069_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (543kB)
[img] Teks
S_KPI_191510069_BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Teks
S_KPI_191510069_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (803kB)

Abstrak

Tergerusnya bahasa bebasan di kalangan remaja di Desa Sukajadi sebagai bahasa ibu yang seharusnya di lestarikan sebagai bentuk pelestarian bahasa yang diturunkan dari nenek moyang agar bahasa bebasan terus ada sebagai bahasa kebanggaan dalam era modern seperti sekarang dan masa yang akan datang. Dimana penelitian dilakukan di Desa Sukajadi Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Provinsi Banten dimana bahasa ibu yang diwarisi nenek moyang adalah bahasa Bebasan. Tujuan dari penelitian ini adalah Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Penggunaan bebasan dikalangan remaja Desa Sukajadi? 2.Untuk mengetahui pelestarian pengunaan bebasan dikalangan remaja, dan? 3.Untuk mengetahui faktor penghambat penggunaan bebasan dikalangan remaja Desa Sukajadi? Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui penggunaan bebasan di kalangan remaja di Desa Sukajadi. 2. Untuk mengetahui pelestarian penggunaan bebasan di kalangan remaja di Desa Sukajadi 3. Untuk mengetahui faktor penghambat dalam penggunaan bebasan di kalangan remaja di Desa Sukajadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yang berlokasi di Desa Sukajadi Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Provinsi Banten, subjek penelitian ini adalah remaja, terdapat 5 narasumber yang terdiri dari remaja, maskarakat, tokoh rmasyarakat, dan penulis buku asal Banten. waktu penelitin ini pada Desember 2022 sampai Juni 2023, teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1). Penggunaan bebasan di kalangan remaja Desa Sukajadi sudah mulai ditinggalkan, lebih banyak mengunakan bahasa Jawa Banten dan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi, hanya remaja yang mengenyam pendidikan pesantren dan remaja yang masih diajarkan bebasan oleh orang tua nya. 2). Pelestarian penggunaan bebasan di kalangan remaja Desa Sukajadi, belum ada bentuk pelestarian yang signifikan, Upaya yang masih dilakukan yaitu penggunaan bebasan di dalam pengajian, dari pemerintah sendiri adanya peraturan mengenai pelestarian bahasa jawa dialek Banten sebagai mulok pelajaran SD dan SMP. Selanjutnya dikembalikan kepada kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian bahasa bebasan. 3). Faktor penghambat penggunaan bebasan di kalangan remaja Desa Sukajadi yaitu terjadi akulturasi bahasa yang signifikan, kemajuan teknolgi informasi yang semakin canggih, tidak ada upaya Desa Sukajadi untuk melestarikan, baru adanya peraturan daerah Kabupaten Serang mengenai pelestarian bahasa jawa dialek Banten sebagai mulok pelajaran SD dan SMP sehingga remaja angkatan sekarang tidak merasakan peraturan daerah yang baru disah kan ini dan hanya bahasa Sunda yang menjadi mata pelajaran pada saat itu.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bahasa Daerah, Bahasa Jawa Banten, Bahasa Bebasan, Penggunaan Bahasa Bebasan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 30 Okt 2023 09:15
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13635

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.