Strategi Komunikasi Lembaga Lumbung Pangan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Deskriptif di Kelompok Tani Ranca Layung Kecamatan Petir Kabupaten Serang)

Azkiyya, Ihza (2023) Strategi Komunikasi Lembaga Lumbung Pangan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Deskriptif di Kelompok Tani Ranca Layung Kecamatan Petir Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510125_Cover.pdf

Download (50kB)
[img] Teks
S_KPI_191510125_Lampiran Depan.pdf

Download (941kB)
[img] Teks
S_KPI_191510125_Bab I.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_KPI_191510125_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (293kB)
[img] Teks
S_KPI_191510125_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (216kB)
[img] Teks
S_KPI_191510125_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510125_Bab V.pdf

Download (157kB)
[img] Teks
S_KPI_191510125_Daftar Pustaka.pdf

Download (213kB)

Abstrak

Dalam upaya peningkatan pembangunan ketahanan pangan, peran petani di desa sangat besar dalam mendukung berbagai program yang sedang dan akan dilaksanakan. Dalam masyarakat khususnya petani Ranca Layung, terdapat kurangnya SDM ( sumber daya manusia). Para petani yang memiliki beragam tingkat Pendidikan yang relatif rendah, kurangnya informasi, inovasi, teknologi. Sehingga hal ini mempengaruhi capaian hasil panen yang akan diperoleh para petani. Dengan adanya program intervensi dari BAZNAS untuk membuat pemberdayaan ekonomi pertanian melalui peningkatan kapasitas dan kualitas pertanian dapat berfungsi dengan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi masyarakat, maka dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat agar dapat mencapai tujuan yang di inginkan Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui strategi komunikasi lumbung pangan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Komunikasi lumbung pangan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teori Onong Uchjana Efendi. Peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan hasil yang didapatkan dari strategi komunikasi yang digunakan kelompok tani Ranca Layung adalah mengenali sasaran komunikasi, komunikator, pilihan media komunikasi, pesan komunikasi. Serta terdapat faktor pendukung yaitu : kesesuaian pesan, adanya feedback langsung, lahan. dan faktor penghambat dalam komunikasi lumbung pangan meliputi : Kekurangan tenaga pendamping, komunikasi terbatas, kurangnya pengaplikasian di lapangan dan kurangnya digitalisasi petani. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi lumbung pangan yang digunakan kelompok tani untuk dapat mensejahterakan masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Komunikasi, Lumbung Pangan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 30 Okt 2023 09:00
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13634

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.