Tinjauan Hukum Islam Tentang Mentalak Istri Atas Perintah Orang Tua (Studi Kasus di Desa Kananga Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang)

Depha, Dedep (2023) Tinjauan Hukum Islam Tentang Mentalak Istri Atas Perintah Orang Tua (Studi Kasus di Desa Kananga Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110044_Cover.pdf

Download (226kB)
[img] Teks
S_HKI_191110044_Lampiran Depan.pdf

Download (567kB)
[img] Teks
S_HKI_191110044_Bab I.pdf

Download (678kB)
[img] Teks
S_HKI_191110044_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (328kB)
[img] Teks
S_HKI_191110044_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (543kB)
[img] Teks
S_HKI_191110044_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (782kB)
[img] Teks
S_HKI_191110044_Bab V.pdf

Download (184kB)
[img] Teks
S_HKI_191110044_Daftar Pustaka.pdf

Download (486kB)

Abstrak

Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka, karena dari merekalah anak mula-mula menerima pendidikan dengan demikian bentuk pertama dari pendidikan terdapat dalam keluarga. Pengetahuan mendidik, melainkan karena secara kodrati suasana dan strukturnya memberikan kemungkinan alami membangun situasi Pendidikan situasi pendidikan itu terwujud berkat adanya pergaulan dan hubungan pengaruh mempengaruhi secara timbal balik antara orang tua. Tugas memelihara, mengasuh dan mendidik anak-anak mereka baik lahir maupun batin sampai anak tersebut dewasa dan atau mampu berdiri sendiri, dimana tugas ini merupakan kewajiban orang tua tetap berkewajiban untuk memelihara, mengasuh dan mendidik anak-anaknya. Orang tua mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga, mengajar, mendidik, serta memberi contoh bimbingan kepada anak-anak untuk mengetahui, mengenal, mengerti, dan akhirnya dapat menerapkan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang ada dalam masyarakat. Kehendak orang tua yang ditanamkan tiap kelurga berbeda dengan keluarga lainnya. Hal ini tergantung dari pandangan pada diri tiap orang tua. Dalam Islam orang tua bertanggung jawab atas anak-anaknya untuk memberikan pendidikan sesuai dengan fitrahnya yaitu keimanan kepada Allah swt. Fitrah ini adalah kerangka dasar operasional dari proses penciptaan manusia. Berdasarkan latar belakang di atas perumusan masalah dalam penelitian ini, adalah: 1) Apa faktor–faktor yang menyebabkan suami mentalak istri atas perintah orang tua di Desa Kananga Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang suami yang mentalak istri atas perintah orang tua di Desa Kananga Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang? Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui faktor–faktor yang menyebabkan suami mentalak istri atas perintah orang tua di Desa Kananga Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang. 2) untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang suami yang mentalak istri atas perintah orang tua di Desa Kananga Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang. Dalam penelitian ini penulis mengunakan metode kualitatif untuk mengkaji data dari penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung kelapangan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi , wawancara dan data sekunder yang penulis peroleh dari dokumen , buku – buku dan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini sehingga dapat dijadikan sebuah referensi dalam penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor- faktor penyebab menceraikan istri atas perintah orang tua yaitu karena istri belum dikaruniayi seorang anak , terjadinya kehamilan tanpa perencanaan , ekonomi kurang stabil dan suami suka main Wanita . Dalam tinjauan hukum islam terhadap menceraikan istri atas perintah orang tua tidak memiliki alasan yang kuat karena tidak memenuhi syarat perceraian baik secara syar‟i ataupun secara hukum positif yang berlaku di Indonesia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Perceraian, Hukum Islam, Kedudukan Orang Tua
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.33 Putusnya perkawinan
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2023 08:16
Perubahan Terakhir: 26 Okt 2023 08:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13604

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.