Penanaman Budaya Antri untuk Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kartu Angka di RA Al-Wardah Kabupaten Pandeglang

Alawiyah, Siti Tuti (2023) Penanaman Budaya Antri untuk Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kartu Angka di RA Al-Wardah Kabupaten Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_191260057_Cover.pdf

Download (52kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260057_Lampiran Depan.pdf

Download (897kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260057_Bab I.pdf

Download (350kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260057_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (395kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260057_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (165kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260057_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (414kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260057_Bab V.pdf

Download (95kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260057_Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)

Abstrak

Budaya antri sangat penting untuk ditanamkan pada anak usia dini, melalui penanaman yang dilakukan secara berulang-ulang dan secara terus menerus dapat menumbuhkan budaya antri. Karakter disiplin adalah salah satu aspek perkembangan yang bisa ditingkatkan melalui budaya antri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman budaya antri untuk membentuk karakter disiplin anak usia 5-6 tahun melalui kartu angka di RA Al-Wardah Kabupaten Pandeglang. Dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman budaya antri untuk membentuk karakter disiplin anak usia 5-6 tahun melalui kartu angka di RA Al-Wardah Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi sebagai teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik anak usia 5-6 tahun kelas B2 di RA Al-Wardah Kabupaten Pandeglang Hasil penelitian ini menunjukkan: Penanaman budaya antri yang dilaksanakan di RA Al-Wardah Kabupaten Pandeglang sudah optimal. Pihak sekolah dan para pendidik selalu membiasakan budaya antri dari awal peserta didik masuk sekolah sampai peserta didik pulang sekolah. Penanaman budaya antri untuk membentuk karakter disiplin anak usia 5-6 tahun yang dilakukan oleh pendidik diantaranya: keteladanan, pembiasaan, memberi reward dan motivasi. Faktor pendukung penanaman budaya antri untuk membentuk karakter disiplin anak usia 5-6 tahun melalui kartu angka, yaitu: antusias anak ketika mengikuti budaya antri melalui kartu angka, kesadaran anak dalam melaksanakan budaya antri, kesabaran pendidik dalam membiasakan budaya antri di sekolah, keaktifan pendidik untuk memberi nasihat dan motivasi kepada anak, memberikan reward atau penghargaan bagi anak yang mampu mengantri dengan baik dan benar, dan juga dukungan keterlibatan orangtua dalam penanaman budaya antri di lingkungan rumah atau masyarakat, serta sarana dan prasarana yang mendukung untuk penanaman budaya antri di sekolah maupun di rumah. Faktor penghambat penanaman budaya antri untuk membentuk karakter disiplin anak usia 5-6 tahun melalui kartu angka, yaitu: Beberapa anak yang masih kurang kesadarannya dalam mengantri dengan baik dan benar menjadikan suatu pengaruh terhadap anak yang lain, serta persaan anak yang mudah bosan dengan penggunaan media kartu angka dan kartu angka yang mudah rusak atau hilang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Budaya Antri, Karakter Disiplin, Kartu Angka
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2023 07:26
Perubahan Terakhir: 26 Okt 2023 07:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.