Alawiyah, Siti Tuti (2023) Penanaman Budaya Antri untuk Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kartu Angka di RA Al-Wardah Kabupaten Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_191260057_Cover.pdf Download (52kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260057_Lampiran Depan.pdf Download (897kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260057_Bab I.pdf Download (350kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_191260057_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (395kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260057_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (165kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260057_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (414kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_191260057_Bab V.pdf Download (95kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260057_Daftar Pustaka.pdf Download (238kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Budaya antri sangat penting untuk ditanamkan pada anak usia dini, melalui penanaman yang dilakukan secara berulang-ulang dan secara terus menerus dapat menumbuhkan budaya antri. Karakter disiplin adalah salah satu aspek perkembangan yang bisa ditingkatkan melalui budaya antri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman budaya antri untuk membentuk karakter disiplin anak usia 5-6 tahun melalui kartu angka di RA Al-Wardah Kabupaten Pandeglang. Dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman budaya antri untuk membentuk karakter disiplin anak usia 5-6 tahun melalui kartu angka di RA Al-Wardah Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi sebagai teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik anak usia 5-6 tahun kelas B2 di RA Al-Wardah Kabupaten Pandeglang Hasil penelitian ini menunjukkan: Penanaman budaya antri yang dilaksanakan di RA Al-Wardah Kabupaten Pandeglang sudah optimal. Pihak sekolah dan para pendidik selalu membiasakan budaya antri dari awal peserta didik masuk sekolah sampai peserta didik pulang sekolah. Penanaman budaya antri untuk membentuk karakter disiplin anak usia 5-6 tahun yang dilakukan oleh pendidik diantaranya: keteladanan, pembiasaan, memberi reward dan motivasi. Faktor pendukung penanaman budaya antri untuk membentuk karakter disiplin anak usia 5-6 tahun melalui kartu angka, yaitu: antusias anak ketika mengikuti budaya antri melalui kartu angka, kesadaran anak dalam melaksanakan budaya antri, kesabaran pendidik dalam membiasakan budaya antri di sekolah, keaktifan pendidik untuk memberi nasihat dan motivasi kepada anak, memberikan reward atau penghargaan bagi anak yang mampu mengantri dengan baik dan benar, dan juga dukungan keterlibatan orangtua dalam penanaman budaya antri di lingkungan rumah atau masyarakat, serta sarana dan prasarana yang mendukung untuk penanaman budaya antri di sekolah maupun di rumah. Faktor penghambat penanaman budaya antri untuk membentuk karakter disiplin anak usia 5-6 tahun melalui kartu angka, yaitu: Beberapa anak yang masih kurang kesadarannya dalam mengantri dengan baik dan benar menjadikan suatu pengaruh terhadap anak yang lain, serta persaan anak yang mudah bosan dengan penggunaan media kartu angka dan kartu angka yang mudah rusak atau hilang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Budaya Antri, Karakter Disiplin, Kartu Angka |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 26 Okt 2023 07:26 |
Perubahan Terakhir: | 26 Okt 2023 07:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13597 |
Actions (login required)
Lihat Item |