Dampak Pengembangan Pariwisata Pemandian Air Panas Batoe Koewoeng Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Setempat (Studi Kasus di Desa Batukuwung Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang)

Ramdhani, Danar (2023) Dampak Pengembangan Pariwisata Pemandian Air Panas Batoe Koewoeng Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Setempat (Studi Kasus di Desa Batukuwung Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530048_Cover.pdf

Download (214kB)
[img] Teks
S_PMI_191530048_Lampiran Depan.pdf

Download (595kB)
[img] Teks
S_PMI_191530048_Bab I.pdf

Download (335kB)
[img] Teks
S_PMI_191530048_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (487kB)
[img] Teks
S_PMI_191530048_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (316kB)
[img] Teks
S_PMI_191530048_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (195kB)
[img] Teks
S_PMI_191530048_Bab V.pdf

Download (86kB)
[img] Teks
S_PMI_191530048_Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstrak

Pengembangan pariwisata merupakan salah satu upaya yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan sebuah perubahan terhadap kondisi lingkungan. Perubahan yang terjadi dapat berupa dampak positif dan dampak negatif. Dampak dari adanya pengembangan pariwisata pasti juga akan dirasakan oleh masyarakat lokal. Perubahan yang mereka alami tentu akan mempengaruhi kondisi kehidupan mereka. Pengembangan Pariwisata pemandian air panas Batoe Koewoeng yang dilakukan oleh pihak swata tidak hanya dapat memberikan dampak terhadap pihak pengelola dan pemilik, tetapi untuk para warga lokal juga pasti ikut merasakan dan mengalami sebuah perubahan yang mempengaruhi kehidupannya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi sosial ekonomi masyarakat di sekitar wisata pemandian air panas Batoe Koewoeng? 2) Bagaimana dampak perubahan dalam aspek sosial ekonomi pada masyarakat yang dihasilkan oleh adanya objek wisata pemandian air panas Batoe Koewoeng? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui kondisi sosial ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar wisata pemandian air panas Batoe Koewoeng 2) Mengetahui dampak perubahan yang diperoleh masyarakat dalam aspek sosial ekonomi dari adanya sebuah pengembangan pariwisata pemandian air panas Batoe Koewoeng Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis data penelitian. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada Maret 2023 hingga juli 2023. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan: 1) Kondisi sosial dan ekonomi yang dialami oleh masyarakat di sekitar pemandian air panas Batoe Koewoeng dinilai masihlah memerlukan adanya sebuah upaya peningkatan 2) Pengembangan pariwisata pemandian air panas Batoe Koewoeng yang dilakukan oleh pihak swasta dinilai dapat memberikan sebuah perubahan yang bersifat peningkatan terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat lokal.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dampak Pengembangan Pariwisata, Perubahan Terhadap Aspek Sosial elknomi Masyarakat
Subjek: 900 Sejarah > 910 Geografi & travel > 915 Geography of & travel in Asia
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 24 Okt 2023 06:55
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13556

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.