Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Nilai Tambah Ekonomi Masyarakat pada Pengolahan Hasil Tangkap Ikan di Kampung Sukajadi Desa Panimbangjaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang

Paramita, Mega (2023) Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Nilai Tambah Ekonomi Masyarakat pada Pengolahan Hasil Tangkap Ikan di Kampung Sukajadi Desa Panimbangjaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530047_Cover.pdf

Download (118kB)
[img] Teks
S_PMI_191530047_Lampiran Depan.pdf

Download (796kB)
[img] Teks
S_PMI_191530047_Bab I.pdf

Download (529kB)
[img] Teks
S_PMI_191530047_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (284kB)
[img] Teks
S_PMI_191530047_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (514kB)
[img] Teks
S_PMI_191530047_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (585kB)
[img] Teks
S_PMI_191530047_Bab V.pdf

Download (83kB)
[img] Teks
S_PMI_191530047_Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB)

Abstrak

Pemberdayaan masyarakat ialah salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai cara untuk memampukan dan memandirikan masyarakat dari kemiskinan, keterbelakangan, kesenjangan, dan ketidakberdayaan, selain itu pemberdayaan juga berfokus pada salah satu klien untuk menyadari bahwa adanya suatu kebutuhan akan perubahan, memiliki cukup pengetahuan untuk kebutuhan perubahan. Salah satu program pemberdayaan yang saat ini dilakukan oleh penulis ialah, “pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan inovasi masyarakat”. Pemberdayaan ini dilakukan oleh subjek dampingan yang beranggotakan 5 orang yang berasal dari Kampung Sukajadi Desa PanimbangJaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang. Salah satu pemberdayaan yang bisa memberikan inovasi baru kepada masyarakat agar lebih bisa mengelola sumber daya alam yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Memberikan pengalaman yang berbeda kepada masyarakat dalam pembuatan sambal teri balado. 2) Memberikan inovasi kepada masyarakat Kampung Sukajadi dalam memanfaatkan hasil tangkapan ikan. 3) Mengimplementasikan kreativitas masyarakat agar bisa mengembangkan kemampuan. 4) Terciptanya lapangan kerja untuk masyarakat Kampung Sukajadi. 5) membantu menambah penghasilan masyarakat dari pengolahan produk teri balado. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PAR (Participatory Action Research), di mana komunitas terlibat aktif dalam mempelajari masalah dan berpartisipasi dalam mengambil keputusan serta melakukan tindakan untuk perbaikan. Metode ini melibatkan kolaborasi antara peneliti dan masyarakat dalam proses pengumpulan data, analisis, dan implementasi tindakan yang relevan. Penelitian ini juga melibatkan pembuatan projek sosial, dokumentasi, dan observasi untuk memahami perubahan yang terjadi dalam komunitas dan mengukur dampak dari kegiatan yang dilakukan. Berdasarkan hasil pendampingan yang dilakukan oleh fasilitator, terdapat beberapa hasil yang dicapai: 1) Terbentuknya kelompok usaha yang beranggotakan 5 orang. 2) terbentuknya lapangan kerja. 3) membantu subjek dampingan dalam mempelajari dan mengimplementasikan berbagai model pemasaran, marketplace di Shopee dan status WhatsApp. 4) menghasilkan label dan kemasan produk. 5) mengadakan surat izin usaha bagi kelompok usaha sambal tangguh 6) mendaftarkan sertifikasi halal produk sambal teri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PAR (Participatory Action Riserch), Inovasi, Sambal Balado
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Okt 2023 07:46
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 04:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13554

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.