Konseling REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) pada Remaja Awal Yang Mengalami Kecemasan Karir (Studi di Kelurahan Deringo, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Provinsi Banten)

Nuraini, Nuraini (2023) Konseling REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) pada Remaja Awal Yang Mengalami Kecemasan Karir (Studi di Kelurahan Deringo, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_181520053_Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Teks
S_BKI_181520053_Lampiran Depan.pdf

Download (375kB)
[img] Teks
S_BKI_181520053_Bab I.pdf

Download (147kB)
[img] Teks
S_BKI_181520053_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (336kB)
[img] Teks
S_BKI_181520053_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (131kB)
[img] Teks
S_BKI_181520053_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (272kB)
[img] Teks
S_BKI_181520053_Bab V.pdf

Download (39kB)
[img] Teks
S_BKI_181520053_Daftar Pustaka.pdf

Download (265kB)

Abstrak

Remaja awal adalah masa muda yang merupakan masa peralihan antara remaja dan dewasa. Masa muda atau masa kemajuan ini sering membuat bingung orang karena orang merasa masih muda namun ada juga yang berharap dirinya sudah dewasa. Salah satu bentuk kebingungan ini adalah memilih karir yang tepat bagi remaja awal ketika menghadapi kelulusan sekolah. Dari uraian di atas maka perumusan masalah adalah : Pertama, bagaimana kecemasan karir yang dialami oleh remaja awal. Kedua, bagaimana penerapan konseling REBT pada remaja awal yang mengalami kecemasan karir? Ketiga, bagaimana kondisi kecemasan karir pada remaja awal setelah mendapatkan layanan? Penelitian ini bertujuan untuk : Pertama, mengetahui bagaimana kondisi kecemasan karir yang dialami oleh remaja awal. Kedua, menerapkan konseling REBT pada remaja awal yang mengalami kecemasan karir. Ketiga, mengetahui kondisi kecemasan karir pada remaja awal setelah mendapatkan layanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang mengambil tiga orang remaja awal yang sedang menginjak kelas XII dan akan segera memilih karir masa depannya. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah remaja awal yang ada di lingkungan Kelurahan Deringo yang berjumlah 3 orang dengan inisial MG, ND, dan MT. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1). Para remaja mengalami kecemasan karir dengan gejala gejala: dugaan-dugaan negatif, khawatir, jantung berdetak lebih kencang ketika mendengar seseorang mengalami kegagalan dalam mencapai karir yang diharapkan, gelisah, hilang konsentrasi, sulit tidur, meremas jari, dan sulit tidur. 2). Penerapan REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) dalam penelitian ini meliputi; 1) Tahapan pertama attending, 2) Tahapan kedua asessment, 3) Tahapan ketiga tahap inti, 4) tahapan keempat evaluasi dan penutup. 3). Setelah diberikan layanan konseling dengan menerapkan REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) responden mengalami perubahan positif, mereka mulai berfikir positif, mengganti pikiran irasionalnya menjadi rasional, dan mulai mampu memilih karir untuk kedepannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling REBT, Kecemasan Karir, Remaja Awal
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2023 07:33
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 04:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13515

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.