الكلام الخبري في آيات التوبة (دراسة تحليلية بلاغية)

Ain, Samro (2023) الكلام الخبري في آيات التوبة (دراسة تحليلية بلاغية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_191360088_Cover.pdf

Download (258kB)
[img] Teks
S_BSA_191360088_Lampirsn Depan.pdf

Download (668kB)
[img] Teks
S_BSA_191360088_BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Teks
S_BSA_191360088_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (310kB)
[img] Teks
S_BSA_191360088_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (378kB)
[img] Teks
S_BSA_191360088_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (794kB)
[img] Teks
S_BSA_191360088_BAB V.pdf

Download (251kB)
[img] Teks
S_BSA_191360088_Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB)

Abstrak

Dengan memahami kalam khabar beserta macam-macam dan tujuan-tujuannya dan makna-maknanya seseorang yang membaca Al-Qur‟an akan mampu menentukan dan memahami makna suatu kalimat. Karena pada kenyataannya dalam kehidupan sehari-seharipun banyak terjadi kekeliruan pemahaman terhadap makna suatu pernyataan. Dengan adanya uslub kalam khabar dapat menyampaikan suatu berita dalam ayat-ayat taubat kepada mukhatab sesuai dengan kondisi yang berbeda-beda. Dari kalam khabar yang terdapat di dalam ayat-ayat taubat menyampaikan kepada orang-orang yang belum mengetahuinya, atau meragukannya, atau mengingkarinya bahwa Allah Maha Menerima Taubat. Peneliti akan mengkaji kalam khabar pada ayat-ayat taubat dalam Al-Qur‟an sebaai objek, ia menganalisis ayat-ayat taubat arena semua jenis kalam khabar ada didalamnya juga mengungkap tujuan dan makna dibalik ayat-ayat taubat tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apa saja macam-macam kalam khabar dalam ayat-ayat taubat?. 2) Apa tujuan kalam khabar dan maknanya dalam ayat-ayat taubat?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap makna kalam khabar yang terkandung dalam ayat-ayat taubat pada Al-Qur‟an. Penelitian ini menggunakan teori ilmu Balaghah dan merupakan penelitian kepustakaan. Adapun metode yang digunakan penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sumber data penelitan ini dengan membaca ayat-ayat pertaubatan dari Al-Qur‟an atau dengan bantuan buku-buku retorika dan tafsir. Dari hasil penelitian, peneliti memperoleh macam-macam kalam khabar yang terdapat didalam ayat-ayat taubat, diantaranya yaitu : kalam khabar ibtidai terdapat delapan belas ayat dan kalam khabar thalabi terdapat enam belas ayat dan kalam khabar inkari terdapat enam ayat. Adapun tujuan kalam khabar yang terdapat didalam ayat-ayat taubat, diantaranya yaitu : faidatul khabar terdapat tiga belas ayat dan istirham hanya terdapat satu ayat dan tahdzir terdapat tiga ayat dan dan tahrikul himmah terdapat lima ayat dan lazimul faidah terdapat delapan belas ayat. Adapun makan-makna kalam khabar yang terdapat didalam ayat-ayat taubat, diantaranya yaitu : at-tajawuz wal „afwu terdapat enam belas ayat dan ar-ruju‟ wal inabah terdapat enam ayat dan an-nadamah „ala zillah terdapat delapan belas ayat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 400 Bahasa > 490 Bahasa lainnya > 492 Afro-Asiatik bahasa; bahasa Semit
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2023 02:54
Perubahan Terakhir: 17 Okt 2023 02:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13493

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.