Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Lokal Pada Komunitas Saung Bakul di Kampung Gagunung Desa Buniayu Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang,

Faoji, Numan (2023) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Lokal Pada Komunitas Saung Bakul di Kampung Gagunung Desa Buniayu Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang,. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
1 COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Teks
2 LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (528kB)
[img] Teks
BAB I .pdf

Download (836kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (364kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (486kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (544kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Teks
LAMPIRAN BELAKANG.pdf

Download (406kB)

Abstrak

Nama: Numan Faoji, NIM: 191530017, Judul Skripsi: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Lokal Pada Komunitas Saung Bakul di Kampung Gagunung Desa Buniayu Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang, Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah, Tahun 2023. Penelitian ini menjelaskan tentang pemberdayaan ekonomi yang berbasis edukasi kepada masyarakat, yaitu dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap cara pembuatan laporan keuangan dan strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian skripsi ini melalui kegiatan yang dilakukan oleh fasilitator, yaitu mengedukasi subjek dampingan melakukan pendampingan cara pembuatan dan penggunaan laporan keuangan dan strategi pemasaran di Komunitas Saung Bakul. Peneliti juga mengadakan edukasi literasi anak-anak untuk meningkatan literasi membaca dan menulis. Pemberdeayaan masyarakat yang dilakukan ini menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA) yang merupakan suatu pendekatan dengan proses belajar bersama, diskusi, dan berinteraksi dengan Komunitas Saung Bakul. Dan metode PLA ini tepat sekali untuk melakukan kegiatan dalam proses pembelajaran di tengah-tengah lingkungan masyarakat. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu mengadakan kegiatan edukasi pendampingan untuk masyarakat Komunitas Saung Bakul yaitu: 1) Meningkatnya pengetahuan dan praktik membuat laporan keuangan dan inovasi pemasaran, khususnya yang berbentuk digitalisasi terhadap masyarakat atau anggota Komunitas Saung Bakul; 2) Masyarakat Komunitas Saung Bakul mampu memahami mengenai pemanfaatan adanya laporan keuangan dan berinovasi dalam hal strategi pemasaran produk; 3) Anak-anak literasi mampu membaca dan menulis yang rapih dan benar 4) Munculnya kesadaran masyarakat untuk mengembangkan dan menghidupkan Komunitas Saung Bakul yang inovatif dan kreatif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Eneng Purwanti Pembimbing Il : Gian Nova Sudrajat
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan Komunitas, Laporan Keuangan dan Strategi Pemasaran, Digitalisasi, dan Literasi Anak
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 13 Okt 2023 08:00
Perubahan Terakhir: 13 Okt 2023 08:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13468

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.