Model Manajemen Pembelajaran di Pondok Pesantren Nur El Falah Petir Serang

Fajriya, Ria Nur (2023) Model Manajemen Pembelajaran di Pondok Pesantren Nur El Falah Petir Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_ES_192640008_Cover.pdf

Download (11kB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Bab I.pdf

Download (401kB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (451kB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (394kB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (717kB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Bab V.pdf

Download (157kB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)

Abstrak

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mempertahankan pendidikan tradisional dan konservatif. Gagasan tentang perlunya Manajemen Pembelajaran di pesantren sebagai suatu kebutuhan agar dapat tetap bertahan di era globalisasi. Pesantren dituntut untuk mampu mendesain dan merumuskan model-model pembelajaran dan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan masyarakat serta perkembangan zaman. Manajemen pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk melakukan pembaharuan pendidikan di pesantren agar berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Manajemen pembelajaran pesantren Nur El Falah di era globalisasi; (2) Pelaksanaan manajemen pembelajaran di pesantren Nur El Falah; (3) Evaluasi pembelajaran di pesantren Nur El Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, triangulasi data, member check dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pesantren Nur El Falah menggunakan Student Centre Learning yang mengembangkan dan menerapkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman; (2) Nur El Falah dalam mempelajari kitab menggunakan metode Al-Miftah; (3) Evaluasi pembelajaran pada pesantren Nur El Falah melalui tes lisan, tulisan dan non tes kemudian santri diapresiasi dengan sertifikat di setiap tingkatan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Manajemen Pembelajaran, Pesantren, Metode Pembelajaran
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 06 Okt 2023 07:24
Perubahan Terakhir: 06 Okt 2023 07:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13419

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.