Persepsi Wisatawan Muslim Terhadap Pelayanan Wisata Religi Di Provinsi Banten Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

Anam, Khaerul (2023) Persepsi Wisatawan Muslim Terhadap Pelayanan Wisata Religi Di Provinsi Banten Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_ES_192640008_Cover.pdf

Download (11kB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Bab I.pdf

Download (401kB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (451kB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (394kB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (717kB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Bab V.pdf

Download (157kB)
[img] Teks
T_ES_192640008_Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)

Abstrak

Wisata halal atau wisata religi merupakan salah satu industri pariwisata yang kini banyak mendapat perhatian. Pariwisata halal mengalami pertumbuhan setiap tahunnya, oleh karenanya wisata halal menjadi salah satu sektor yang sangat menjanjikan. Salah satu provinsi yang memiliki sejarah kerajaan Islam di Indonesia adalah Provinsi Banten. Banten merupakan daerah yang memiliki berbagai macam peninggalan dari kerajaan/kesultanan terdahulu yang masih dijaga dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain Seven Wonders of Banten di Provinsi Banten juga memiliki banyak destinasi wisata religi yang mampu menarik para pelancong dari berbagai daerah. Pada tahun 2011 di Provinsi Banten tercatat terdapat 215 makam yang dianggap keramat dan sering didatangi oleh wisatawan untuk berwisata religi yang tersebar diberbagai Kabupaten/Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi wisatawan Muslim terhadap pelayanan wisata religi serta sektor mana yang harus menjadi prioritas pelayanan wisata religi di Provinsi Banten. Metode penulisan yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Jenis data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari 300 responden. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, dokumen, browsing dan hasil dari kuesioner responden. Hasil penelitian ini menunjukan Berdasarkan hasil analisis tingkat kesesuaian antara tingkat persepsi dan preferensi wisatawan muslim terhadap pelayanan wisata religi, menunjukkan rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 90% yang berarti tingkat kepuasan terhadap kualitas pelayanan wisata religi yang dirasakan oleh wisatawan muslim cukup tinggi atau dapat dikatakan kualitas wisata religi baik. Adapun aspek yang perlu mendapatkan perhatian adalah sebagai berikut : (a) Petugas yang bertugas mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, (b) Tersedia toilet yang bersih dan wangi, (c) Tersedia tempat parkir yang aman dan memadai, dan (d) Keramahan dan kesopanan petugas tempat wisata religi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Persepsi, Preferensi, Wisatawan, Wisata Religi, Pelayanan, dan Importance Performance Analysis (IPA)
Subjek: 900 Sejarah > 910 Geografi & travel
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 06 Okt 2023 07:11
Perubahan Terakhir: 06 Okt 2023 07:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13418

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.