Analisis Syariah Tentang Pembayaran Utang Jangka Panjang dengan Nominal yang Sama (Study Kasus di KUA Panimbang dan KUA Sukaresmi)

Wiguna, Wili (2023) Analisis Syariah Tentang Pembayaran Utang Jangka Panjang dengan Nominal yang Sama (Study Kasus di KUA Panimbang dan KUA Sukaresmi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_161410128_Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Teks
S_ES_161410128_Lampiran Depan.pdf

Download (553kB)
[img] Teks
S_ES_161410128_BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Teks
S_ES_161410128_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (547kB)
[img] Teks
S_ES_161410128_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (118kB)
[img] Teks
S_ES_161410128_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (314kB)
[img] Teks
S_ES_161410128_BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Teks
S_ES_161410128_Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB)

Abstrak

Didalam kehidupan kita selayaknya selalu mensyukuri nikmat-nikmat yang telah dianugrahan kepada kita semua, terlebih didalam sebuah kehidupan pula yang selalu hidup dalam bersosial ini sulit untuk bisa terhindar dari praktik utang piutang, kita lihat peristiwa perilaku utang piutang yang terjadi di Kampung Panyabrangan, hal tersebut sangat merugikan satu belah pihak, karena utangnya sudah memakan waktu panjang dan ketika proses pembayarannya sesuai dengan jumlah yang diterima, mempunyai utang pada tahun 1970-an baru dibayarkan ditahun 2021. Perumusan Masalah di dalam penelitian ini adalah 1) Apakah waktu peminjaman uang berpengaruh terhadapat jumlah pembayarannya? 2) bagaimana proses penyelesaian masalah praktik utang piutang yang terjadi di Kampung Panyabrangan Desa Panyabrangan Kecamatan Cikeusal Serang Banten? Tujuan Penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui adakah waktu peminjaman uang berpengaruh atau tidak berpengaruh terhadap jumlah pembayarannya. 2) untuk mengetahui bagaimana proses penyelesaian utang yang cukup lama jika utang tersebut mengalami Inflasi. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) (Penelitian lapangan) menggunakan studi kasus (Field Research) adalah metode untuk dapat menemukan secara khusus dan realistis apa yang ada di tengah-masyarakat, serta teknik pengumpulan data di sini ialah menentukan langkah-langkah yang strategis dengan cara mencari data yang akurat dan realistis serta mengumpulkannya, dalam hal ini teknik pengumpulan data dalam penelitian yang akan dipergunakan adalah teknik Interview, Observasi, Dokumentasi dan juga untuk menguji keabsahan data dalam sebuah penelitian kualitatif agar menacapai realistis dan validitas dari penelitian yang telah dilakukan, dengan menggunakan cara uji kredibilitas, uji tranferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas untuk menghasilkan kualitas yang baik agar dapat terpercaya serta dapat dijadikan bahan pertimbangan. Hasil penelitian ini ialah berdasarkan hasil dari analisis sesuai dengan rumusan masalah dan analisis data yang telah diolah dalam penelitian ini yang berjudul “Analisis Syariah Tentang Pembayaran Utang Jangka Panjang dengan Nominal yang Sama” menunjukkan bahwa praktik utang piutang apapun bentuknya baik itu emas, perak, uang dan ataupun barang-barang lainnya tidak berpengaruh dalam jumlah proses pembayarannya, mengingat bahwa pentingnya untuk menjauhkan diri dari riba.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Utang Piutang
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 06 Okt 2023 04:52
Perubahan Terakhir: 06 Okt 2023 04:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13417

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.